Elite Pro Academy Resmi Bergulir, Persib dan Persebaya Satu Grup

PSSI membuka kompetisi Elite Pro Academy di Bandung
Sumber :
  • VIVA/Dede Idrus

VIVA – Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan resmi membuka Kompetisi Elite Pro Academy (EPA) U-16 dan U-18 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Senin 18 Oktober 2021.

Prediksi Pertandingan Liga 1: Persib Bandung vs Persebaya Surabaya

Pembukaan kompetisi EPA ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh jajaran pengurus PSSI. Ini dilakukan sebagai bentuk syukur kompetisi EPA bergulir kembali setelah dua tahun vakum karena pandemi COVID-19. 

Mochamad Iriawan berharap kompetisi EPA bisa menjadi ajang pencarian bakat pemain-pemain muda untuk menjadi generasi penerus bagi klub-klub Liga 1, Liga 2, bahkan Tim nasional.

Persija Kurang Maksimal saat Kalahkan Persis, Ini Alasannya

PSSI membuka kompetisi Elite Pro Academy di Bandung

Photo :
  • VIVA/Dede Idrus

"Ini memang program PSSI ya ada EPA, Elite Pro Academy yang tiap tahun diselenggarakan. Di sana bakat-bakat dari anak-anak U-16 dan U-18 nantinya kita akan melihat untuk diambil dan masuk ke Timnas Indonesia, baik itu U-16, U-18, U-19, U-20 dan senior, ini luar biasa," kata Iwan Bule sapaan akrab Mochamad Iriawan.

Dibantu Persija Jakarta, Persib Bandung Pastikan Tiket ke Championship Series

Memudahkan pekerjaan Shin Tae-yong

Lebih lanjut, Iwan Bule mengatakan ajang ini akan memudahkan pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong untuk memantau perkembangan para pemain muda.

"Dari sini kita bisa lihat dan memantau dari kepelatihan Shin Tae-yong cs maupun video dan nantinya bisa diambil pemain-pemain yang bagus dan naik ke tim-tim yang membela ataupun secara profesional ataupun ke Timnas," lanjutnya.

PSSI membuka kompetisi Elite Pro Academy di Bandung

Photo :
  • VIVA/Dede Idrus

Alasan Pembukaan di Bandung

Pria berusia 59 tahun ini mengatakan alasan memilih Bandung karena punya beberapa stadion yang berkualitas. Terlebih, stadion lain digunakan untuk kompetisi Liga 1 dan Liga 2.

Beberapa stadion yang digunakan kompetisi EPA adalah Stadion Si Jalak Harupat, Gelora Bandung Lautan Api, Sabilulungan, Arcamanik, Lodaya, dan Progresif.

"Pertama akomodasi juga cukup mudah, di tempat lain kan sekarang dipakai Liga 1 dan Liga 2, ada pertandingan semua, jadi masuk semua, dan kami pilih di sini,"paparnya.

Kompetisi EPA diikuti sebanyak 18 tim muda dari peserta Liga 1 dengan dibagi tiga grup. Berikut ini pembagian grup Elite Pro Academy 2021:

Grup A
1. Madura United FC
2. PSM Makassar
3. Persiraja Banda Aceh
4. Arema FC
5. Persik Kediri
6. Borneo FC

Grup B
1. Bali United FC
2. PSS Sleman
3. PS Tira
4. Persipura Jayapura
5. PS Barito Putera
6. Persija Jakarta

Grup C
1. Persela Lamongan
2. PSIS Semarang
3. Persita Tangerang
4. Bhayangkara FC
5. Persebaya Surabaya
6. Persib Bandung

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya