Comeback Gemilang, Timnas Indonesia U-23 Menang Tipis Atas Tajikistan

Skuad Timnas Indonesia U-23.
Sumber :
  • Instagram/@pssi

VIVA – Timnas Indonesia U-23 sukses mengalahkan Tajikistan U-23 dalam pertandingan uji coba di Central Republican Stadium, Dushanbe, pada Selasa malam WIB, 19 Oktober 2021. Dalam laga tersebut, Timnas Indonesia U-23 menang tipis melalui comeback gemilang.

Hasil Tajikistan Vs Yordania di Perempat Final Piala Asia 2023

Pada awal babak pertama, Garuda Muda berhasil memegang kendali dan tempo permainan. Sejumlah peluang berhasil mereka dapatkan, tapi masih mampu diselamatkan oleh barisan pertahanan dari tuan rumah.

Keasyikan menyerang membuat Timnas Indonesia U-23 kehilangan konsentrasi dalam bertahan. Pada menit kelima, Tajikistan sukses menjebol gawang Indonesia melalui aksi Shevron.

Lengkap Sudah, Ini Jadwal Perempat Final Piala Asia 2023

Usai tertinggal, Indonesia terus memegang penguasaan bola. Mereka tetap berupaya menyamakan kedudukan. Namun, peluang yang diciptakan belum mampu memecah kebuntuan.

Di sisi lain, Ernando Ari juga cukup tampil apik. Dia mampu menggagalkan peluang emas milik tim tuan rumah pada menit ke-27, yang berpotensi menggandakan keunggulan mereka.

Debut di Piala Asia, Timnas Tajikistan Bikin Sejarah Tembus Perempatfinal

Garuda Muda akhirnya sukses memecah kebuntuan pada menit ke-35 berawal dari kombinasi apik Kanu dan Witan Sulaiman, yang berujung dengan tendangan ciamik Hanis Saghara yang dilepaskan dari jarak jauh sehingga sukses membobol gawang Mukhriddin.

Hingga jelang jeda turun minum, skuad asuhan Shin Tae-Yong tampil lebih garang setelah berhasil menyamakan kedudukan. Bagus, Witan, dan Hanis sempat memberi ancaman yang berarti, meski masih bisa digagalkan.

Babak Kedua

Garuda Muda langsung tancap gas saat babak kedua dimainkan. Umpan-umpan pendek dari lini belakang terus diperlihatkan dengan cantik. Namun, kedua kubu sedikit menurunkan tempo permainan.

Seperti di babak pertama, Bagus Kahfi dan kawan-kawan terus menguasai penguasaan bola. Hingga menit ke-55, Indonesia terus menggempur jantung pertahanan lawan. 

Akhirnya, kebuntuan terpecah pada menit ke-63 lewat pergerakan Bagus Kahfi usai memanfaatkan umpan matang Witan Sulaiman.

Setelah unggul, 10 menit jelang babak kedua berakhir, giliran tim tuan rumah yang menggempur pertahanan Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan. Namun, mereka kesulitan menembus pertahanan Indonesia yang tampil cukup solid.

Jelang peluit berakhirnya pertandingan, Tajikistan sempat mengeraskan permainan. Beruntung, punggawa Garuda Muda tak terpancing dan tetap menjaga keunggulan 2-1 hingga pertandingan selesai.

Susunan Pemain

Timnas Tajikistan U-23: Mukhriddin; Naimjon, Safarov, Vakhdat, Saidov; Rustam, Shervon, Islam, Murodov; Yodgorov, Khuseiyn, Ergashev.

Timnas Indonesia U-23: Ernando; Asnawi Mangkualam, Ridho, Dewangga, Arhan; Kanu, Gunansar, Hanis Saghara;Ramai Rumakiek, Witan Sulaiman, Bagus Kahfi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya