Cuma 9 yang Lolos Lisensi Klub Liga 1, Bahkan Ada yang Cuek

Pemain Persija Jakarta
Sumber :
  • Dok. Persija

VIVA – 

Keluar dari Zona Degradasi, Arema FC Fokus Tatap 2 Laga Sisa

Komite Lisensi Klub PSSI mengeluarkan pengumuman mengejutkan. Cuma ada sembilan klub dari 18 peserta Liga 1 yang memenuhi syarat untuk memperoleh lisensi AFC dan nasional pada 2021 ini.

Sebagai kompetisi kasta tertinggi dan mengedepankan profesonalisme, jelas ini jadi kasus buruk. Bagaimana mungkin setengah dari peserta tak bisa memenuhi syarat lisensi sebagai keabsahan profesional.

Terpopuler: Sindiran Suporter Bali United, Media Asing Puji Indonesia

Sembilan klub yang memenuhi syarat adalah Arema FC, Bali United FC, Bhayangkara FC, Borneo FC, Madura United FC, Persib Bandung, Persija Jakarta, Persebaya, dan PSM Makassar. Sedangkan sisanya bahkan ada yang sama sekali tidak memasukkan dokumen persyaratan.

Sama sekali tidak memasukkan dokumen persyaratan menjadi tanda jika masih ada klub Liga 1 yang belum peduli dengan proses mendapatkan lisensi ini. Padahal jika mereka masuk ke kompetisi AFC, ini jadi syarat utamanya.

Spanduk Sindiran Suporter Bali United untuk Bhayangkara FC: Degradasi Karma 2017

"Ada beberapa klub yang sama sekali memang tidak melakukan submit dokumen yang diperlukan. Kami berharap ke depannya semua klub memiliki kepedulian yang sama untuk dapat memaksimalkan untuk lolos di lisensi AFC,’’ ujar Ketua Komite Lisensi Klub Timmy Setiawan, dikutip dari laman resmi PSSI.

‘’Keputusan ini kami lakukan secara kolektif kolegial dan tantangan ke depannya semua ada jejak digital, termasuk dokumen yang diupload dan disubmit seluruhnya sudah serba digital. Semoga ke depannya proses dan klub yang lulus akan bertambah", imbuh Timmy.

Apresiasi kepada Mereka yang Memenuhi Syarat

Sembilan klub yang memenuhi syarat mendapat apresiasi dari Komite Lisensi Klub. Menurut mereka, para klub sudah mau bekerja untuk memenuhi persyaratan meski situasi sedang tidak seperti biasanya.

“PSSI mengucapkan terima kasih kepada seluruh klub Liga 1 yang memberikan waktu, tenaga dan pikirannya untuk tetap berusaha memenuhi persyaratan lisensi klub tahun ini," tutur Manajer Klub Lisensi Putri Utomo.

Pertandingan PSM Makassar vs Bali United

Photo :
  • instagram.com/baliunitedfc

"Walaupun di masa pandemi dan sepakbola kompetisi baru dimulai kembali, proses ini harus tetap dijalankan  sesuai dengan amanat AFC demi menjaga nama Indonesia di kancah kompetisi klub sepakbola Asia,” tambahnya.

Semua klub yang lolos verifikasi ini sudah melewati berbagai tahap. Mulai dari verifikasi faktual, dan juga menyerahkan dokumen yang dibutuhkan. Mereka harus memenuhi aspek sporting, infrastruktur, personnel & administrative, legal, dan finance.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya