Arema Raih AFC Club Licensing 2021 Karena Penuhi 5 Standar

Pemain Arema FC merayakan gol
Sumber :
  • VIVA/Lucky Aditya

VIVA – Tim Arema FC kembali lolos verifikasi AFC Club Licensing 2021 karena memenuhi lima aspek yang menjadi indikator utama klub profesional. Hal ini berdasarkan surat Keputusan (CLC) bernomor 001/CLC-pssi/x/2021 yang diterima oleh manajemen Arema FC. 

Keluar dari Zona Degradasi, Arema FC Fokus Tatap 2 Laga Sisa

Media Officer Arema FC, Sudarmaji mengatakan berdasarkan pasal 3 PSSI club licensing regulation. Club Licensing Committee (CLC) memiliki kewenangan untuk membuat keputusan pemberian lisensi. Verifikasi dilakukan secara faktual berkaitan dengan 5 aspek klub, yakni meliputi sporting, infrastructure, personnel and administrative, legal dan aspek finansial. 

"Klub juga sudah mengirimkan dokumen yang melalui AFC Club Licensing Administration  System (AFC CLAS). Setelah itu, CLD (Club Licensing Department) memberikan salinan keputusan ini kepada komite eksekutif PSSI untuk dipastikan pelaksanaanya," kata Sudarmaji, Rabu, 20 Oktober 2021.

Hasil Liga 1: Kejutan Arema di Markas Borneo FC, Persija Tahan Imbang Barito Putera

Sudarmaji mengatakan, manajemen bersyukur Arema FC kembali dinyatakan lolos club licensing. Tahun ini adalah tahun kedua di masa pandemi, Arema FC harus berjuang untuk mendapatkan club licensing. Pada 2020 lalu menurutnya sebagai fase tersulit untuk bertahan. Mini di 2021 klub harus berjuang untuk bangkit dan berproses ditengah kompetisi karena masih berada dalam situasi pandemi.

"Proses pelaporan kondisi klub adalah sebuah rutinitas tahunan yang harus disampaikan kepada AFC. Arema tetap bersemangat menjaga rutinitas itu, sekaligus fokus kami adalah kerja dan kerja untuk menjaga eksistensi Arema. Semoga dengan lolosnya Arema ini memberikan tambahan pemahaman lebih kepada semua pihak, baik Aremania, partner Arema di pemerintahan, serta mitra kerja, bahwa Arema FC on the track dalam pengelolannya," ujar Sudarmaji.

Sudah Juara Regular Series, Borneo FC Tetap Ingin Taklukkan Arema FC

Sudarmaji menyebut tidak mudah untuk mendapatkan Club Licensing. Sebab, di fase 2021, tim Club Licensing harus bekerja keras dalam kurun waktu 6 bulan lebih terhitung sejak Maret 2021 mempersiapkan kebutuhan yang menjadi persyaratan wajib.

Arema FC berharap bahwa club licensing ini tidak hanya berdampak pada Arema FC, tetapi juga memberikan dampak positif bagi perkembangan sepak bola profesional di Indonesia. Sejauh ini Arema FC sudah lima kali mencatatkan diri sebagai klub yang memenuhi standar AFC sejak tahun 2017, hingga 2021.

Striker Arema Carlos Fortes merayakan gol (kiri)

Photo :
  • Arema

“Harapannya tentu saja karena ini sebagai indikator klub profesional maka diharapkan Club Licensing menjadi pemacu semangat klub-klub yang ada di Indonesia. Untuk memenuhi setidaknya 5 aspek yang diwajibkan, ini tentunya akan sangat berdampak pada perkembangan sepak bola Indonesia kedepannya,” tutur Sudarmaji.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya