Timnas U-23 tanpa Merah Putih di Kualifikasi Piala Asia, Ini Kata PSSI

Pertandingan Timnas Indonesia U-23 vs Tajikistan
Sumber :
  • pssi.org

VIVA – Imbas sanksi Badan Anti-doping Dunia (WADA) mulai merambat setelah pertama kali dialami tim bulutangkis Indonesia di Piala Thomas 2020.

Jadwal Siaran Langsung dan Link Live Streaming Timnas Indonesia U-23 Vs Australia U-23 Malam Ini

Kini, Timnas Indonesia U-23 terancam tak didampingi bendera Merah Putih saat menyanyikan lagu kebangsaan jelang pertandingan kualifikasi Piala Asia.

Federasi sepakbola Asia Tenggara (AFF), dalam rilisnya menyatakan selain Indonesia, Thailand juga tidak akan didampingi bendera kebangsaan jelang pertandingan di Grup J.

Gawat, Gaya Main Timnas Indonesia Sudah Dibaca Pelatih Australia

"Bendera Thailand dan Indonesia tidak akan muncul pada Kualifikasi Piala Asia U-23 2022, karena larangan Badan Anti-Doping Dunia (WADA). Bendera nasional Thailand dan Indonesia tidak dapat dikibarkan pada acara-acara besar lainnya selama 1 tahun," bunyi keterangan The ASEAN Football.

"Oleh karena itu, bendera nasional kedua negara tersebut tidak diperbolehkan berkibar pada Kualifikasi Piala Asia U-23 2022. Keduanya harus menggunakan bendera lain dengan lambang federasi olahraga atau federasi sepak bola sebagai gantinya," tegas penjelasan tersebut.

Timnas Indonesia U-23 Pasti Raih Hasil Bagus, Main 9 Orang Saja Bisa Repotkan Qatar

Sementara PSSI, mengaku belum mendapatkan kepastian. Sekretaris jendral PSSI, Yunus Nusi mengatakan, pihaknya masih menunggu surat resmi dari AFC dan AFF.

"Kami menunggu surat resmi dari AFC dan FIFA tentang larangan tersebut," kata Sekjen PSSI Yunus Nusi kepada wartawan.

"Yang pasti dalam match sepakbola antar-negara lagu kebangsaan masing-masing akan dinyanyikan terlebih dahulu," ujar Yunus Nusi.

Timnas U-23 saat ini sedang menjalani pemusatan latihan jelang laga kontra Australia U-23 pada 26 dan 29 Oktober mendatang di Tajikistan. 

Pasukan Shin Tae-yong sebelumnya sudah mengukur diri dengan laga uji coba melawan Tajikistan U-23.

Hasilnya, Indonesia berhasil menang dengan skor 2-1. Asnawi Mangkualam cs masih akan menjalani laga uji coba terakhir melawan Nepal U-23 pada Jumat 22 Oktober 2021.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya