PSSI Wacanakan Ada Penonton, Harga Tiket Liga 1 Capai Rp1,5 Juta

Pertandingan Persija vs Persela di Liga 1 2021/2022.
Sumber :
  • Instagram/@liga1match

VIVA – Kabar baik berhembus dari kelanjutan Liga 1 2021/2022. Pasalnya, PSSI dan PT. LIB berencana untuk menghadirkan penonton di stadion.

Langkah Tegas PSSI Basmi Sepakbola Gajah di Liga 3

Rencana ini muncul sebagai respons dari pemerintah yang mengizinkan lanjutan Liga 1 dihadiri penonton dengan jumlah yang terbatas. Tapi, sebelum itu terwujud, PSSI dan LIB akan melakukan sejumlah tahapan.

Bakal ada tahapan penyesuaian, analisa, dan survei lebih dahulu sebelum akhirnya kompetisi dibuka untuk penonton. Mereka tak mau kecolongan dan membuat klaster COVID-19 baru dari sepakbola.

Pemain Keturunan Bisa Bela Timnas U-19 di Piala Dunia U-20, Siapa Dia?

"Terima kasih atas peluang yang diberikan oleh pemerintah di mana sepakbola ada penonton lagi. Sepakbola tanpa penonton itu memang hambar," kata Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, dikutip situs resmi PSSI.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan

Photo :
  • PSSI
Persib Bandung Waspadai Kekuatan Lini Depan MU

Diungkapkan Iriawan, tahapan pertama yang boleh menonton adalah undangan seperti Satgas Covid-19, Kemenpora, Kemenkes, BNPB, ketua suporter klub, media, dan undangan lainnya.

Belum Standar FIFA

Setelah itu, sebelum mengizinkan penonton dari masyarakat umum, induk sepakbola Indonesia itu akan memastikan soal infrastruktur dan IT. Sebab, belum semua stadion di Indonesia memenuhi standar FIFA dan AFC.

Sejauh ini, hanya Stadion Utama Gelora Bung Karno dan I Wayan Dipta yang telah lolos standar FIFA dan menggunakan single seat. Sedangkan Stadion Manahan sudah single seat, tetapi belum mempunyai nomor di bangku stadion.

Pertandingan Persija Jakarta vs Arema FC

Photo :
  • instagram.com/persija

Terkait masalah IT, PSSI masih akan menggodok soal tiket masuk dan kelengkapan lainnya. "Ini yang akan kami siapkan dulu. Setelah semua siap, baru akan kami diskusikan dengan sejumlah pihak terkait," tutur pria yang akrab disapa Iwan Bule.

Harga Tiket Melambung Tinggi

Satu hal yang paling mengejutkan adalah kisaran harga tiket yang bakal dijual per pertandingan. Harganya melambung tinggi ketimbang di masa normal.

Diungkapkan Direktur Utama LIB, Ahmad Hadian Lukita, harga tiket yang akan dijual sekitar Rp250 ribu hingga Rp1,5 juta.

"Kenapa karcis bisa sampai segitu? Karena akan banyak benefit yang didapat penonton," ucap Lukita.

Stadion Utama Gelora Bung Karno

Photo :
  • Kementerian PUPR

Benefit itu diantaranya penonton akan mendapatkan peralatan prokes kesehatan seperti masker, hand sanitizer, kemudian tes antigen, makanan dan minuman, dan lain-lain.

Soal usulan ini, Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali, memahami kesulitan yang akan dihadapi PSSI ketika ada penonton. Itu sebabnya Menpora berharap harus ada sosialisasi lebih dulu kepada klub dan suporter sebelum melaksanakan rencana ini.

"Ini penting karena dalam situasi new normal ini, menonton di stadion itu tidak seenak ketika keadaan normal. Saat ini harus ada social distancing, memakai masker, harus swab antigen, dan lain-lain’’ ujar Menpora.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya