Gawat, Elkan Baggott Jadi 'Buronan' Netizen Akibat Ogah Bela Timnas

Pemain Timnas Indonesia U-19, Elkan Baggott
Sumber :
  • pssi.org

VIVA – Elkan Baggot menjadi buah bibir publik tanah air. Penyebabnya, dia diduga menolak dipanggil bergabung dengan Timnas Indonesia.

Klasemen Piala Asia U-23 2024 Usai Timnas Indonesia Ditekuk Qatar

Adalah ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan, yang menyampaikan hal tersebut. Menurutnya, Baggott selalu mengelak saat diminta datang.

Sebenarnya pemain 23 tahun itu dibutuhkan Timnas Indonesia U-23 untuk laga kualifikasi Piala Asia 2022 melawan Australia pada 26 dan 29 Oktober 2021.

Wasit Musuh Terbesar Timnas Indonesia U-23, Ini 4 Kontroversi Nasrullo Kabirov Semalam

"Elkan Baggott sudah dihubungi beberapa kali, tetapi tampaknya tidak ingin membela Timnas Indonesia," kata Iriawan kepada wartawan.

Pria yang akrab disapa Iwan Bule itu menyayangkan sikap Baggott. Padahal, menjelang Piala Dunia U-20 2021 yang pada akhirnya dibatalakan, bek jangkung terebut mengejar PSSI agar bisa masuk dalam skuad.

Orang Terdekat Shin Tae-yong Bongkar Keanehan Sebelum Timnas Indonesia U-23 Dikalahkan Qatar

Pemain Timnas Indonesia, Elkan Baggott

Photo :
  • PSSI.org

"Kami sayangkan itu. Dulu waktu mau masuk Timnas U-19 ngejar-ngejar kami, tapi sekarang ditawari timnas yang ada, dia tidak ada respons," tegasnya.

Diserang Netizen

Atas berita kurang sedap itu, kini Baggott pun dicari-cari oleh netizen atau warganet, khususnya para pencinta sepakbola Indonesia. Tak bisa memburunya ke akun instagram pribadi yang kolom komentarnya sudah digembok, publik pun membanjiri akun Ipswich Town.

Dalam beberapa postingan terbaru Ipswich, bermunculan komentar keras yang ditujukan kepada Baggot.

"Cuma ingin tampil di piala dunia tidak ada rasa nasionalisme, , #elkanbaggott Out," tulis irfansyah_p20.

Baggott diketahui memiliki darah Indonesia dari ibunya. Sedangkan sang ayah merupakan pria kebangsaan Inggris.

Lahir dan sempat menghabiskan masa kecil di Bangkok, Thailand, Baggott lalu pindah ke Indonesia pada 2008. Dia lalu menimba ilmu untuk menjadi pesepakbola di SSB di Jakarta sebelum kemudian pindah ke Inggris dan menetap sejak 2011 lalu.

Dia sebelum ini sempat membela Timnas U-19 dan mencetak caps pertama melawan Makedonia Utara. Sayangnya setelah itu dia sudah tidak lagi bergabung dengan laskar merah putih.

Dengan situasi yang ada, Iriawan pun menyebut Baggott sepertinya ingin membela negara lain. Itu berdasarkan indikasi penolakan yang ditawarkan PSSI kepadanya.

"Kelihatannya begitu. Sudah beberapa kali kita kontak. Bahkan biometrik KTP kita fasilitasi waktu itu, dia tidak datang. Tidak masalah. Masih banyak pemain Indonesia lainnya," ucap Iriawan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya