Duel Seru, Timnas Indonesia U-23 Kalah Tipis dari Australia

Pemain timnas Indonesia, Witan Sulaiman
Sumber :
  • Twitter

VIVA – Timnas Indonesia U-23 harus mengakui keunggulan Australia. Kedua tim diketahui bertarung dalam leg pertama kualifikasi Piala Asia U-23.

Ini Live Streaming Timnas Indonesia U-23 Vs Korea Selatan di Perempat Final Piala Asia

Dalam laga di Republican Central Stadium, Dushan, Tajikistan, Selasa 26 Oktober 202, Indonesia menyerah dengan skor tipis 2-3.

Laga baru dimulai, Indonesia langsung dikejutkan dengan hadiah penalti buat lawan. Pemain Australia, Lewis Miller, dijatuhkan di kotak terlarang. Beruntung Ernando Ari Sutaryadi tampil gemilang di bawah mistar. Kiper andalan Laskar Merah Putih itu berhasil memblok tendangan dari Patrick Wood.

PSSI Buka Suara soal Nilai Kontrak Shin Tae-yong di Timnas Indonesia hingga 2027

Tim negeri Kanguru mendominasi permainan. Mereka membuat Indonesia harus lebih banyak bertahan di 45 menit awal ini.

Anak-anak asuh Shin Tae-Yong pun bermain kompak khususnya dalam menjaga pertahanan. Mereka menutup setiap jalur masuk serangan dari Australia.

Media Asing Beri Julukan untuk Timnas Indonesia U-23: Tim Pengacau

Cuma sayang, pada saat bersamaan mereka juga tidak mampu membangun pola permainan. Indonesia lebih banyak mengandalkan serangan balik, itu pun selalu dengan mampu dipatahkan oleh musuh.

10 menit sisa babak pertama, intensitas serangan Australia meningkat. Beberapa peluang dihasilkan. Indonesia sempat sedikit panik menghadapi gempuran yang datang, namun pada akhirnya sampai turun minum tetap tidak ada gol yang mampu dihasilkan.

Babak kedua, Indonesia bermain sedikit lebih berani. Mereka mulai memegang bola dan mengatur tempo permainan. Tapi sayangnya malah Australia bisa memecah kebuntuan. Mark Tokich membobol gawang Tim Garuda dengan sundulan menyambut umpan free kick di tiang jauh pada menit 52.

Hanya 6 menit berselang, Australia pun menggandakan keunggulan mereka. Giliran Patrick Wood yang menceploskan si kulit bundar ke gawang Indonesia.

Meski tertinggal 0-2 tidak membuat Indonesia patah arang. Buktinya menit 66, mereka bisa memperkecil ketinggalan lewat tendangan Witan Sulaiman dari depan kotak penalti.

Menit 76, lagi-lagi Australia mencetak gol. Giliran Jakob Italiano yang membobol gawang Indonesia dengan sepakan keras dari luar kotak penalti.

Tapi itu juga belum membuat Indonesia menyerah. Kembali mereka bisa menipiskan selisih menjadi 2-3. Taufik Hidayat yang baru masuk, mengoyak jala Australia dengan tendangan kencang di mulut gawang pada menit 84.

Sampai laga selesai keunggulan 3-2 bagi Australia tetap bertahan. Meski kalah setidaknya Indonesia masih memiliki peluang karena ada leg kedua yang akan digelar pada Jumat 29 Oktober 2021 mendatang.

Susunan pemain:

Indonesia U-23: Ernando Ari Sutaryadi (PG); Asnawi Mangkualam Bahar (c), Rizky Ridho, Alfeandra Dewangga, Pratama Arhan; Gunansar Papua Mandowen (Ronaldo Kwateh 90+1), Rachmat Irianto (Komang Teguh 80), Ramai Rumakiek; Bagus Kahfi, Hanis Saghara Putra, Witan Sulaeman

Australia U-23: Nicholas Suman (PG); Jordan Courtney-Perkins, Jordan Bos, Marc Tokich (c) Lewis Miller; Adisu Bayew, Fabian Monge, Luke Duzel, Jacob Italiano; Lachlan Brook, Patrick Wood.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya