Pernah Bikin Marah, Nasib Elkan Baggott di Tangan Shin Tae-yong

Pemain Timnas Indonesia U-19, Elkan Baggott
Sumber :
  • pssi.org

VIVA – Drama Elkan Baggott dan Timnas Indonesia memasuki babak baru. Pemain Ipswich Town U-23 itu sempat diklaim menolak panggilan memperkuat Skuad Garuda. 

Media AS Sorot Kemenangan Timnas Indonesia Atas Vietnam: Patut Mendapat Pujian

Elkan akhirnya buka suara perihal sebab dirinya tak bisa memenuhi panggilan itu.

Elkan memang dipanggil pelatih Shin Tae-yong agar dapat bergabung pada pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA) Juni lalu. 

Timnas Indonesia Selangkah Lagi Lolos ke Piala Asia 2027

Namun, kenyataannya ia tidak bisa bergabung . Melalui surat yang ia kirimkan kepada PSSI, Elkan menyebut dirinya bukan menolak panggilan membela Indonesia.

Namun, dia terganjal olah peraturan pemerintah Inggris dan klubnya karena situasi COVID-19. Inggris memasukkan UAE ke dalam daftar pengawasan ketat penerbangan sejak pertengah Januari 2021, karena menganggap pandemi COVID-19 di salah satu negara jazirah Arab itu sangat tinggi, sehingga masuk ke dalam daftar zona merah.

Irak Pastikan Tiket ke Putaran 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026, Timnas Indonesia Diuntungkan?

Elkan Baggott saat menjalani latihan di Timnas U-19

Photo :
  • PSSI

Dampak dari kebijakan itu, setiap warga negara Inggris maupun asing yang datang dari Dubai, termasuk yang melakukan transit, harus menjalani karantina selama sepuluh hari di tempat penginapan yang telah ditentukan pemerintah dengan biaya pribadi.

Kini, setelah kasus COVID-19 di Inggris dan Indonesia memabaik, pemain 18 tahun tersebut menegaskan siap jika dipanggil Timnas Indoensia.

Surat darinya pun telah diterima Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan. Pria yang akrab disapa Iwan Bule itu juga memahami alasannya, dan bersedia memberikan kesempatan kedua.

Namun, Iriawan menegaskan bahwa keputusan apakah Elkan akan kembali dipanggil ke Timnas Indonesia itu sepenuhnya ada di tangan Shin Tae-yong.

"Kalau dari sudut pandang saya, membela tim nasional Indonesia itu adalah hak semua pemain," kata Iwab Bule dalam rilis PSSI.

"Kami sudah maafkan dirinya dan meminta dirinya untuk bergabung ke timnas Indonesia bila dibutuhkan oleh pelatih Shin Tae-yong," sambungnya.

Shin Tae-yong Pernah Marah

Meski sudah mendapatkan maaf dan kesempatan kedua dari PSSI, bukan otomatis Elkan bakal bisa kembali memperkuat Timnas Indonesia.

Hal itu tentu sesuai kebutuhan dari Shin Tae-yong. Namun masalahnya, sang pelatih pernah merasa geram kepadanya.

Kekesalahan Shin Tae-yong sempat diutarakan oleh Iwan Bule pada Mei 2021 lalu di kantor Kemenpora, Jakarta.

Iwan Bule menyebut, Shin Tae-yong meradang lantaran merasa diabaikan, karena tak ada respons darinya saat mendapatkan panggilan.

“Shin Tae-yong marah. Dulu dia minta main di timnas, sekarang kok susah sekali. Salahnya dia setelah kami tanya, kenapa enggak respons," kata Iwan Bule.

Jika kembali dipercaya Shin Tae-yong, kemungkinan tercepat Elkan bisa gabung Timnas Indonesia adalah pada jeda internasional, November mendatang.

PSSI berencana akan mencarikan lawan untuk Timnas Indonesia di FIFA Matchday 8-16 November 2021. Laga tersebut sebagai persiapan sebelum tampil di Piala AFF 2020. 

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong.

Photo :
  • https://www.pssi.org/

Selain itu, uji coba resmi pada jeda internasional ini jadi kesempatan untuk mendongkrak posisi Indonesia di pemeringkatan FIFA.

"Sudah didiskusikan lawan siapa kita, lihat nanti. Yang jelas saya ingin Timnas Indonesia terus memperbaiki peringkat di FIFA," kata Iriawan.

"Seperti cita-cita saya, paling tidak kalau bisa ke peringkat 150, ya. Ini kan baru naik 10 peringkat menjadi 165, ini kan luar biasa ya," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya