4 Pemain Indonesia yang Cocok Main di Korsel Menurut Asnawi Mangkualam

Pemain Ansan Greeners, Asnawi Mangkualam Bahar
Sumber :
  • Instagram @asnawi_bhr

VIVA – Pemain Ansan Greeners, Asnawi Mangkualam, mengatakan, setidaknya ada empat pemain Indonesia yang cocok menjalani karier di Korea Selatan. Keempat pemain tersebut, dinilai Asnawi, mempunyai kualitas untuk meraih kesuksesan di Korsel.

Perang Urat Saraf Timnas Indonesia Vs Vietnam, Giliran Asnawi Mangkualam Bilang Ini

Saat ini, Asnawi merupakan pemain pertama yang berkarier di Korsel. Dia bergabung dengan salah satu klub K League 2, Ansan Greeners, pada awal tahun lalu. Setelah Asnawi, ada pemain muda Indonesia, Muhammad Iqbal, yang membela klub kasta ketiga, Cheongju FC.

Bek Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam

Photo :
  • PSSI
Asnawi Sebut Level Timnas Indonesia Sudah di Atas Vietnam

Melihat level kompetisi di Negeri Ginseng yang lebih tinggi, Asnawi menyebut, akan sangat berguna jika ada pemain Indonesia yang mengikuti jejaknya. Dia pun merekomendasikan empat nama yang dinilai memiliki kelayakan untuk meraih sukses di Korsel.

"Aku melihat ada banyak pemain Indonesia yang bisa berkarier di Korea. Contohnya, (Syahrian) Abimanyu, Egy (Maulana Vikri), Witan (Sulaeman), (Pratama) Arhan. Banyak sebenarnya, tapi empat orang itu sepertinya layak bermain di sana," kata Asnawi, seperti dikutip dari kanal YouTube PSSI.

5 Pemain Timnas Indonesia Lulusan Pondok Pesantren, No 4 Top Skor Liga Santri

Asnawi Yakin Pemain Indonesia Layak Main di Korsel

Kedatangan Asnawi di Ansan tak dipungkiri turut membuka mata para pelaku sepakbola di Korsel. Popularitas eks pemain PSM Makassar itu cukup tinggi sejak kehadirannya di Ansan dan kerap mendapatkan sorotan dari media-media di sana.

Dari segi kemampuan, Asnawi pun bisa dibilang sanggup bersaing dengan pemain lain dan bahkan menjadi salah satu andalan di klubnya. Selain itu, Asnawi hampir selalu dimainkan oleh pelatih Ansan jika tak ada kendala cedera atau sedang dipanggil ke Timnas Indonesia.

"Sebenarnya malah positif buat kita dan Indonesia. Kita jadi dikenal di Korea bahwa ada pemain Indonesia yang bisa bermain dan berkembang di sini," ujar Asnawi 

"Aku sebagai pemain pertama yang berkarier di sini, punya tanggung jawab untuk membuktikan diri. Jadi, klub-klub bisa yakin kalau ada pemain Indonesia yang layak bermain di Korea," sambungnya.

Bek Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam Bahar.

Photo :
  • https://www.pssi.org/

Terkait proses adaptasi yang sudah dilalui dan perkembangnya yang terus meningkat di Korsel, Asnawi menegaskan, tak kiat khusus untuk menjalaninya.

"Aku hanya selalu menjaga pola tidur, menambah porsi latihan, dan itu selalu membuat aku terus bugar dan bersemangat," terang pemain berusia 22 tahun tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya