4 Raksasa di Timnas Indonesia

Pemain darah campuran Indonesia-Inggris, Elkan Baggott.
Sumber :
  • Instagram/ElkanBaggott

VIVA – Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong memanggil 26 pemain untuk menghadapi uji coba internasional melawan Afghanistan 16 November dan Myanmar 25 November 2021 di Turki.

Kecuali Indonesia, Wakil ASEAN Terseok-seok di Piala Asia U-23: Vietnam Babak Belur

Para pemain akan menjalani pemusatan latihan di Jakarta terlebih dahulu sebelum berangkat ke Turki pada pekan depan.

Pemusatan latihan di Jakarta dan Turki sebagai persiapan menghadapi Piala AFF 2020 bulan Desember mendatang.

Media Asing Puji Timnas Indonesia, Penuh Talenta Muda Cemerlang hingga Gol Manjakan Mata

Dari 26 pemain tersebut, 7 di antaranya merupakan pemain belakang. Dan menariknya, untuk posisi bek tengah, Shin Tae-yong memanggil pemain-pemain yang memiliki tubuh tinggi menjulang.

Ya, selama ini kelemahan Timnas Indonesia memang ketika terjadi duel bola atas. Itulah alasan mengapa Shin Tae-yong memilih untuk memanggil bek bertubuh jangkung. Siapa saja mereka? Ini 4 Raksasa di Timnas Indonesia.

Alasan Heerenveen Izinkan Nathan Tjoe-A-On Kembali ke Timnas Indonesia U-23

4. Victor Igbonefo

Pemain Persib Bandung ini memiliki postur 183 cm. Sejak Timnas Indonesia ditangani Shin Tae-yong, pemain kelahiran Nigeria ini menjadi langganan di skuad Garuda.

Bahkan, Igbonefo merupakan pemain naturalisasi pertama yang dipanggil ke Timnas Indonesia era pelatih Shin Tae-yong. 

Sebelumnya juru taktik asal Korea Selatan itu hanya menggunakan pemain lokal di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Juni lalu. 

3. Ryuji Utomo

Laga Timnas Indonesia melawan Taiwan pada babak play off kualifikasi Piala Asia 2023 pada Oktober 2021 kemarin menjadi penanda kembalinya si anak hilang Ryuji Utomo.

Itu merupakan kali pertama Ryuji bermain membela Timnas Indonesia sejak 2017 silam. Terakhir kali Ryuji mentas dengan seragam Timnas Indonesia ketika beruji tanding dengan Myanmar pada 21 Maret 2017. 

Pada laga melawan Taiwan kemarin, Ryuji tampil di leg kedua. Pemain yang musim lalu membela Penang FC itu dipercaya mengawal lini belakang skuad 'Garuda' sejak menit awal. Dia berduet dengan Igbonefo dan membuat lini belakang Indonesia lebih mengerikan dengan tingginya yang juga 183 cm.

2. Fachrudin Aryanto

Bek andalan klub Liga 1, Madura United ini menjadi pemain tertinggi kedua di skuad Timnas Indonesia dengan ukuran 185 cm

Fachrudin terbilang sudah tidak muda lagi. Dia telah berusia 32 tahun. Namun, mantan stoper PSS Sleman itu tetap menjadi pilihan utama Shin Tae-yong. Dia juga sebelumnya dilibatkan dalam play-off kualifikasi Piala Asia melawan Taiwan di leg pertama.

Elkan Baggott. Pemain belakang andalan Ipswich Town itu menjadi pemain bertubuh paling raksasa dikubu Skuad Garuda dengan tinggi 194 cm. Dengan tinggi dan pengalamannya bermain di Eropa, hal ini tentu menguntungkan untuk Indonesia.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya