Syamsir Alam Kembali, Akhirnya Debut di RANS Cilegon FC

Syamsir Alam jalani debut di RANS Cilegon FC
Sumber :
  • RANS Cilegon FC

VIVA – Setelah lima tahun menepi dari dunia sepakbola profesional, Syamsir Alam akhirnya kembali. Dia dimainkan saat RANS Cilegon FC menghadapi Perserang Serang.

Bhayangkara FC Resmi Terdegradasi ke Liga 2

RANS Cilegon sukses mengalahkan Perserang 2-1 pada matchday ketujuh Grup B Liga 2 di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa 16 November 2021.

Pada laga tersebut, Symasir yang sudah lima tahun tak bermain di pertandingan kompetitif, akhirnya dipercaya pelatih Rahmad Darmawan.

Kisah Andik Vermansah, Sempat Jadi Rebutan Klub Top Dunia Kini Terseok-seok di Liga 2

Mantan Wonderkid Timnas Indonesia U-16 itu masuk pada menit ke-84 untuk menggantikan Bima Ragil. Hadirnya Symasir di dalam tim membawa perubahan instant untuk RANS Cilegon.

Syamsir Alam jalani debut di RANS Cilegon FC

Photo :
  • RANS Cilegon FC
Persikabo 1973 Jadi Tim Pertama yang Terdegradasi dari Liga 1 Musim Ini

Satu menit setelah Syamsir bermain, RANS Cilegon FC sukses mencetak gol kedua alias kemenangan melalui Rival Lastori.

Menanggapi debut kedua Symasir Alam, Rahmad Darmawan menyebut eks pemain Sriwijaya FC itu perlahan menunjukkan performa yang baik.

Dalam latihan, kata Rahmad Darmawan, Syamsir sudah berke keras dan pemain 29 tahun tersebut memang sudah layak untuk dimainkan.

"Saya selalu melihat pemain dalam latihan. Saya membandingkan satu pemain ke pemain lain. Syamsir Alam menunjukkan performa dan motivasi yang tinggi dalam latihan," kata Rahmad.

"Dia memang layak untuk bermain meski agak mengejutkan karena saya memberikan dia kesempatan. Saya percaya bahwa dia adalah pemain berpengalaman," sambung dia.

Pelatih yang akrab disapa RD itu mengatakan, sebagai pemain berpengalaman, Symasir tak kesulitan untuk menemukan kembali performa terbaiknya. 

"Dia menunjukkan latihan yang baik. Saya percaya dia bisa melakukan hal yang sama dalam pertandingan," ucap RD.

"Karena tidak membutuhkan waktu yang lama bagi pemain berpengalaman. Semuanya dimulai dari latihan," jelas dia.

Berdasarkan catatan Transfermarkt, Syamsir terakhir kali bermain pada 16 Juli 2016 ketika membela Persiba Balikpapan kontra PSM Makassar di Indonesia Soccer Championship (ISC) A.

Sebelum bergabung dengan RANS Cilegon FC, Syamsir sempat banting stir ke dunia entertainment, ia juga kerap tampil di layar kaca sebagai pembawa acara.

Berkah Rahmad Darmawan

Pelatih RANS Cilegon FC, Rahmad Darmawan

Photo :
  • RANS Cilegon FC

Namun di musim ini, dia memutuskan kembali untuk menjadi pesepakbola profesional. Kedatangan RD sebagai pelatih baru RANS Cilegon juga membawa berkah untuknya.

Sebab, dalam tujuh partai RANS Cilegon FC sebelumnya, Syamsir hanya sekali masuk daftar susunan pemain (DSP). Sisanya, eks penyerang CS Vise dan DC United itu hanya duduk manis menjadi penonton.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya