Pemerintah Dukung Shin Tae-yong Bawa Pemain Keturunan ke Timnas

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong
Sumber :
  • PSSI

VIVA – Menpora Zainudin Amali mendukung penuh usulan Shin Tae-yong untuk mendatangkan sejumlah pemain keturunan untuk memperkuat Timnas Indonesia. Gagasan ini sudah beberapa waktu lalu diajukan oleh juru taktik asal Korea Selatan tersebut.

Media Asing Beri Julukan untuk Timnas Indonesia U-23: Tim Pengacau

Isu yang beredar, ada empat pemain asing yang masuk dalam bidikan Shin Tae-yong. Namun, Amali belum bisa memastikan kebenarannya karena belum dapat informasi dari PSSI.

Tapi yang pasti, dia mendukung usulan Shin Tae-yong, karena ingin pemain keturunan, bukannya melakukan naturalisasi seperti yang dilakukan sebelumnya.

Kata PSSI Usai Perpanjang Kontrak Shin Tae-yong

“Saya belum dapat informasi dari PSSI, tetapi saya kira lebih jelas ikatan darahnya dengan Indonesia daripada kita melakukan naturalisasi pemain yang tidak ada kaitannya sama sekali. Yang penting dia mau memilih di Indonesia,” kata Amali.

Sebagai bentuk dukungan kepada gagasan Shin Tae-yong, Amali menegaskan pemerintah siap untuk memfasilitasi. Tapi memang, prosesnya akan sangat ketat.

Resmi, PSSI Perpanjang Kontrak Shin Tae-yong Hingga 2027

Yang utama, pemain yang diusulkan memiliki latar belakang keturunan Indonesia yang jelas. Pemain itu juga berusia produktif untuk jangka yang lama.

Menpora RI, Zainudin Amali.

Photo :
  • Tangkapan layar

“Persyaratannya ada darah keturunan Indonesia, ditelusuri mana buktinya. Saya perketat, kalau memang keturunan, keturunananya sebelah mana, ibu, bapak atau kakek? Itu lebih mudah dan untuk prosesnya kami akan mempercepat kalau itu kebutuhan federasi,” tutur Amali.

“Intinya kami memfasilitasi apa yang diinginkan, tapi sangat selektif terutama dari segi usia. Saya tidak mau untuk kebutuhan jangka pendek,” imbuhnya.

Amali juga ingin, pemain yang nantinya direkrut dan berkarier di luar negeri, harus bisa menjaga komitmen. Dia harus bisa memenuhi panggilan Timnas Indonesia ketika dibutuhkan.

Dalam skuad Timnas Indonesia saat ini, ada dia pemain keturunan, yakni Elkan Baggott dan Ezra Walian. Keduanya masuk dalam proyeksi Shin Tae-yong untuk Piala AFF 2020.

Elkan adalah salah satu contoh pemain yang berkarier di luar negeri. Dan kini dia sudah memenuhi panggilan ke Skuad Garuda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya