Pujian Shin Tae-yong Usai Timnas Indonesia U-18 Menang 4-0

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong
Sumber :
  • pssi.org

VIVA – Pelatih Timnas Indonesia U-18, Shin Tae-yong memuji penampilan skuadnya setelah menundukkan Alanyaspor U-18 dengan skor 4-0 dalam laga persahabatan di Limak Football Complex, Antalya, Turki, Rabu 24 November 2021.

Media AS Sorot Kemenangan Timnas Indonesia Atas Vietnam: Patut Mendapat Pujian

"Pemain sudah bekerja keras dan menampilkan performa serta penyelesaian akhir yang baik," ujar Shin Tae-yong, seperti dikutip dari laman resmi PSSI, Kamis 25 November 2021.

Menurut pelatih asal Korea Selatan itu, anak-anak asuhnya sudah memperlihatkan perkembangan yang positif selama pemusatan latihan (TC) di Turki. Ronaldo Kwateh Cs bisa menyerap materi dalam latihan dan menerapkannya di lapangan.

Timnas Indonesia Selangkah Lagi Lolos ke Piala Asia 2027

Hal itu berujung pada dua kemenangan dalam laga uji coba di Turki. Sebelum mengandaskan Alanyaspor, Timnas Indonesia U-18 menundukkan Antalyaspor dengan skor 3-1, akhir pekan lalu, Minggu 21 November 2021.

"Saya mementingkan hal-hal seperti komunikasi, operan dan 'body shape' (posisi tubuh di lapangan-red)," kata Shin Tae-yong.

Irak Pastikan Tiket ke Putaran 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026, Timnas Indonesia Diuntungkan?

Timnas U-18 menundukkan Alanyaspor U-18 dengan skor 4-0 pada laga persahabatan di Limak Football Complex, Antalya, Turki, yang dihentikan pada menit ke-48 karena hujan deras dan cuaca dingin melanda lapangan.

Ronaldo Kwateh menjadi bintang dengan dua golnya ke gawang lawan. Sementara gol lainnya dilesakkan Ricky Pratama dan gol bunuh diri pemain lawan.

Pemain Timnas Indonesia U-18, Ronaldo Kwateh.

Photo :
  • Twitter/@PSSI

Pertandingan Disetop

Terkait penghentian laga, selain faktor hujan lebat, Shin Tae-yong menyebut bahwa keputusan itu diminta oleh pihak Alanyaspor yang akan menghadapi kompetisi dua hari berselang.

"Karena hujan lebat, jadi mau tidak mau kita harus berhenti. Sangat disayangkan, tetapi memang dari pihak tim Alanyaspor meminta tolong kepada saya untuk memberhentikan pertandingan ini," tutur Shin.

Timnas U-18, yang diperkuat 36 pemain, berada di Turki untuk melakoni persiapan menuju Piala Dunia U-20 tahun 2023.

Di Turki, mereka menjalani pemusatan latihan dan tiga pertandingan uji coba yaitu menghadapi tim U-18 Antalyaspor pada 21 November 2021, lalu melawan tim U-18 Alayanspor tiga hari kemudian dan pada 27 November menjajal kekuatan salah satu skuad yang kemungkinan adalah timnas muda salah satu negara.

Piala Dunia U-20 akan digelar di Indonesia pada tahun 2023. Seharusnya turnamen yang diikuti 24 negara tersebut dilaksanakan pada tahun 2021, tetapi ditunda lantaran pandemi COVID-19. (Ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya