On This Day: Comeback Timnas Indonesia Bungkam Singapura

Pemain Timnas Indonesia, Andik Vermansyah, melawan Singapura
Sumber :
  • affsuzukicup.com

VIVA – Lima tahun silam, Timnas Indonesia meraih kemenangan dramatis di Piala AFF 2016. Sempat tertinggal, Indonesia sukses menaklukkan Singapura di laga terakhir Grup A di Rizal Memorial Stadium Filipina, Jumat 25 November 2016.

Timnas Indonesia U-23 Hajar Australia, Marselino Ferdinan Ucapkan Hal Ini ke Ernando

Di laga ini, Indonesia hampir unggul di menit ke-5 saat Stefano Lilipaly mengambil tendangan bebas. Sayang, kiper Singapura berhasil menepis dan bola hanya menyentuh tiang gawang. Boaz Solossa yang menyambar bola malah melambungkan bola ke luar lapangan.

Menit 13, Andik melakukan tendangan jarak jauh, namun belum mampu menembus gawang Hariss Harun karena hanya melayang tipis di atas mistar. Indonesia masih kesulitan membobol gawang Singapura.

Kata Ernando Ari Usai Timnas Indonesia U-23 Pecundangi Australia

Petaka untuk Tim Garuda datang pada menit 27. Memanfaatkan eksekusi tendangan pojok, Muhammad Khairul Amri Mohammad Kamal berhasil membobol gawang lewat tendangan salto. Skor 1-0 untuk keunggulan Singapura.

Di awal babak kedua tepatnya di menit ke-47, pemain Singapura Khairul Amri hampir saja menggandakan keunggulan. Untung saja aksi gemilang Kurnia Meiga berhasil menyelamatkan gawang Indonesia dari kebobolan.

Ernando Ari Gagalkan Penalti, Timnas Indonesia U-23 Sukses Bekuk Australia

Timnas Indonesia Bangkit

Terus menggempur pertahanan Singapura di babak kedua, akhirnya Indonesia berhasil menyamakan kedudukan di menit 62. Andik berhasil memanfaatkan umpan Rizki Rizaldi Pora dan mencetak gol melalui tendangan voli yang sangat keras.

Skor imbang membuat skuat Garuda semakin bernafsu menggandakan keunggulan. Beberapa kali kombinasi Boaz dan Andik hampir membawa Indonesia unggul.

Tim besutan Alfred Riedl akhirnya benar-benar menggandakan keunggulan di menit 85. Boaz berhasil mengirimkan umpan yang disambut dengan tendangan voli dari Stefano Lilipaly. 2-1 Indonesia unggul.

Skor tersebut bertahan hingga peluit panjang dibunyikan. Dengan kemenangan ini, Skuat Garuda pun berhak lolos ke babak semifinal dengan status runnerup Grup A mendampingi Thailand yang menjadi juara grup.

Sayang, Indonesia gagal juara di Piala AFF 2016. Setelah sukses melewati hadangan Vietnam di babak semifinal dengan kemenangan agregat 4-3, Indonesia dikalahkan Thailand di final dengan 2-3.

Baca artikel On This Day menarik lainnya di tautan ini.

Pemain Timnas Indonesia, Andik Vermansyah dan Stefano Lilipaly

Photo :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya