6 Fakta Profil Ahmad Rashid, Pemain Persib Asal Dari Palestina

Pemain anyar Persib, Mohammed Rashid
Sumber :
  • Viva/Dede Idrus

VIVA – Ahmad Rasyid, merupakan pemain asing Persib yang mencuri perhatian. Dalam gelaran Liga 1 2021 yang digelar bulan September lalu, Persib Bandung mampu tampil gemilang. Ahmad Rashid adalah salah satu pemain yang memiliki kontribusi besar dalam performa apik Maung Bandung. Pemain asal Palestina ini menjadi jenderal lini tengah Persib Bandung. Berikut fakta menarik dari Ahmad Rashid.

Kepala Hak Asasi Manusia PBB Kutuk Serangan Terbaru Israel ke Gaza

1.Sosok Ahmad Rashid

Gelandang Persib Bandung, Mohammed Rashid

Photo :
  • Instagram: Mohammed Bassim Rashid
Apa Jadinya Jika Timnas Indonesia U-23 Ketemu Israel di Olimpiade 2024?

Pemilik nama lengkap Mohammed Bassim Ahmad Rashid ini lahir di Ramallah, Palestina, pada 31 Juli 1995. Saat ini ia sudah berusia 26 tahun. Ia memeluk agama Islam. Pada usianya yang menginjak 26 tahun, Rashid sedang dalam usia emas. Sebab, banyak pesepak bola yang mencapai puncak performanya pada rentang usia 25—30 tahun. Ahmad Rashid memiliki tinggi badan sekitar 183 cm. saat ini posisinya sebagai Gelandang bertahan, Kaki terkuatnya yaitu kaki kanan. 

2. Awal Karier

Brutalnya Israel, Mayat Warga Palestina Ditemukan di RS Nasser dengan Kondisi Telanjang & Diborgol

Gelandang baru Persib Bandung, Mohammed Bassim Rashid.

Photo :
  • Instagram: Mohammed Bassim Rashid

Ahmad Rashid mengawali karier sepak bola profesionalnya dengan memperkuat Al-Quds Hilal hingga 2018. Kemudian, Rashid pindah ke klub asal Palestina lainnya, Al-Biresh, pada 10 Juli 2018. Namun, satu tahun berselang, Ahmad Rashid kembali pindah ke Al-Quds terhitung pada 1 Desember 2019.

Bersama Al-Quds, Ahmad Rashid sempat berlaga di AFC Cup 2019. Namun, perjalanan mereka langsung terhenti di babak penyisihan grup. Setelah itu, Ahmad Rashid berpetualang di luar Palestina dengan bergabung bersama Al-Jeel. Bersama Al-Jeel, Rashid bermain dalam 26 pertandingan dengan mencetak 10 gol. Torehan gol Rashid ini tergolong tinggi bagi pemain yang menempati posisi gelandang.

3. Gabung di Persib Bandung

Gelandang Persib Bandung, Mohammed Rashid

Photo :
  • VIVA/Dede Idrus

Ia didatangkan Persib dengan status bebas transfer dari klub divisi kedua Arab Saudi, Al-Jeel. Di Al-Jeel, kontrak Ahmad Rashid habis pada 6 Juni 2021. Ahmad Rashid didatangkan manajemen Persib Bandung untuk memenuhi kuota pemain Asia di Liga 1 2021. Pemain timnas Palestina ini mengisi posisi yang ditinggalkan Omid Nazari.

Omid sendiri memutuskan kembali ke Filipina saat liga berhenti akibat pandemi COVID-19 yang melanda di penjuru dunia. Sebelum Rashid, Persib sempat mendatangkan Farshad Noor. Namun, performa pemain asal Afghanistan itu tidak sesuai dengan harapan.

4. Karier Ahmad Rashid di Timnas Palestina

Pemain anyar Persib, Mohammed Rashid

Photo :
  • Viva/Dede Idrus

Pemain berusia 26 tahun ini merupakan salah satu anggota tim nasional Palestina. Rashid menjadi salah satu andalan pelatih Noureddine Ould Ali di lini tengah Lions of Canaan.
Sebelum memperkuat timnas senior, Rashid tercatat pernah membela timnas U-23 Palestina saat masih bermain di Al-Bireh. Terakhir kali Rashid memperkuat timnas Palestina dalam ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022 di Uni Emirat Arab.

5. Idola Baru Bobotoh

Gelandang Persib Bandung, Mohammed Rashid

Photo :
  • https://twitter.com/persib

Ahmad Rashid terbilang menjadi pembelian tersukses Robert Rene Albert musim ini. Pasalnya, pemain dengan nomor punggung 74 ini tercatat sebagai top skor Persib di Liga 1 dengan torehan 5 gol.
Tidak hanya piawai dalam menjebol gawang lawan, Rashid juga mencatatkan dua assist yang berhasil dikonversi kawannya menjadi gol. Sebagai seorang gelandang jangkar, Rashid jarang membuat sebuah pelanggaran yang berbuah kartu. Tak heran jika kini Rashid menjadi idola baru bobotoh.

6. Alasan Nomor Punggungnya 74

Mohammed Rashid

Photo :
  • Instagram @moerashid95

Diketahui, jika di Persib Ahmad Rashid memutuskan mengenakan nomor punggung 74. Dikatakan olehnya, bahwa nomor 7 adalah bulan kelahiran sang ayah dan angka 4 merupakan bulan kelahiran ibunya.

Itulah 6 fakta menarik dari sosok Ahmad Rashid, pemain asing yang bergabung dengan Persib Bandung.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya