Kolaborasi PSSI dengan Kemendikbud Ristek

Gala Siswa Indonesia 2021
Gala Siswa Indonesia 2021
Sumber :
  • Dok. PSSI

VIVA – PSSI dan Kemendikbud Ristek bekerjasama dalam gelaran Gala Siswa Indonesia (2021). Program ini bertujuan untuk menggodok 102 siswa dalam sebuah pemusatan latihan yang dilakukan di Kawasan Sentul.

Dirjen PAUD-Dikdasmen, Jumeri mengatakan, program ini dimulai dengan jenjang usia 12 hingga 16 tahun. Kategori yang paling strategis untuk pembinaan karena termasuk periode emas.

Jumeri berharap, dari program ini bisa lahir anak-anak yang siap membela Timnas Indonesia U-19. Waktu empat hingga lima tahun mendatang sangatlah ideal untuk terus berkembang.

"Kami berharap, para pemain ini nantinya bisa masuk ke Timnas Indonesia. Jika nantinya mereka diproyeksikan bisa menjadi bagian dari Timnas Indonesia U-19, maka masih punya waktu 4-5 tahun untuk berkembang," kata Jumeri.

Kapus Prestasi Nasional, Asep Sukmayadi optimistis para pemain alumni dari Gala Siswa 2021 ini terus berkembang. Karena mereka merupakan pilihan dari pemandu bakat PSSI yang dilihat kemampuannya melalui video.

Selama menjalani pemusatan latihan, para pemain yang terpilih dari seluruh daerah di Indonesia ini juga ditangani oleh pelatih berkualitas. Sehingga banyak pelajaran yang didapat.

“Saya rasa saat ini sudah banyak klub-klub yang memantau para pemain pilihan ini. Ini juga adalah bagian dari program Inpres Percepatan Prestasi Sepakbola Nasional,” tutur Asep.