Pembagian Grup 8 Besar Liga 2 dan 4 Tim Terdegradasi ke Liga 3

Duel Dewa United vs Persekat Tegal di Liga 2
Sumber :
  • ligaindonesiabaru.com/

VIVA – Tuntas sudah seluruh pertandingan di penyisihan grup awal Liga 2. Terjawab siapa saja yang berhak atas tiket ke babak 8 besar.

Persikabo 1973 Jadi Tim Pertama yang Terdegradasi dari Liga 1 Musim Ini

Nantinya babak 8 besar dibagi dalam dua Grup, Grup X dan Grup Y. Sriwijaya FC, Rans Cilegon FC, Persis Solo, dan Persiba Balikpapan mengisi slot di Grup X.

Sementara itu, tim yang tampil di Grup Y adalah PSMS Medan, Dewa United, PSIM Yogyakarta dan Sulut United.

PSBS Biak Buka Suara Terkait Kerusuhan Suporter di Kandang Semen Padang

Persis Solo dalam pertandingan melawan Persijap Jepara

Photo :
  • VIVA/Fajar Sodiq

Nantinya, hanya dua tim teratas dari masing-masing grup yang lolos ke semifinal yang menggunakan sistem knockout. Tiga tim terbaik berhak atas tiket promosi ke Liga 1 musim depan.

Liga 1 Musim Depan Berisi Wakil Seluruh Pulau

Dikatakan Sekjen PSSI Yunus Nusi, hingga kini baik PSSI maupun PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi memang belum menentukan jadwal babak 8 besar. “Minggu depan kemungkinan baru ada kepastian,” kata dia dilansir situs resmi Liga Indonesia.

Berbicara soal venue babak 8 besar, Yunus menyebut masih akan memprioritaskan Pulau Jawa sebagai venue utama. Hanya saja, dia menggaransi, tidak akan ada tim dari Pulau Jawa yang dijadikan tuan rumah. 

“Babak 8 besar akan digelar di tempat netral, tidak ada tim tuan rumah,” tegasnya.

Disinggung terkait kepastian jadwal, Yunus menyebut masih harus berkoordinasi dengan pemerintah. Sebab, mendekati akhir tahun ini, akan ditetapkan lagi PPKM Level 3. Hal ini, tentu bakal berpengaruh terhadap jadwal babak 8 besar. Ia pun berharap, minggu depan sudah ada kepastian.

Di sisi lain, Yunus juga mengucapkan terima kasih kepada Pemkot Balikpapan, yang sudah meminjamkan Stadion Batakan sebagai venue putaran dua Grup D. Dia berharap kerja sama yang baik antara PSSI dan LIB serta Pemkot Balikpapan bisa terus berlanjut.

“Kami juga sampaikan terima kasih kepada panitia pelaksana yang telah bekerja dengan baik. Kami juga mengapresiasi komitmen suporter untuk tak memaksakan diri hadir ke stadion,” tuntas pria kelahiran Kaltim ini. 

Mitra Kukar Degradasi
Selain tim yang lolos ke babak 8 besar, diketahui juga tim yang terdegrasasi. Empat tim terbawah dari Grup A hingga D harus main di Liga 3 musim depan.

Mereka yang harus turun kasta adalah Tiga Naga, Badak Lampung FC, Hizbul Wathan dan Mitra Kukar.

Marquee player Mitra Kukar eks Liverpool, Mohammed Sissoko

Photo :
  • Istimewa

Di antara tim-tim tersebut, yang paling mengejutkan adalah Mitra Kukar. Sebab, mereka adalah langganan Liga 1 dan sempat menjuarai Piala Jenderal Sudirman 2015.

Bahkan pada 2017 silam, Mitra Kukar sempat mendatangkan pemain kelas dunia. Mereka menggaet eks pemain Juventus dan Liverpool, Mohamed Sissoko.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya