Timnas Indonesia Senasib Belanda soal Spesialis Runner Up

Skuad Timnas Indonesia
Sumber :
  • PSSI

VIVA – Timnas Indonesia dibayangi kutukan runner up saat tampil di Piala AFF 2020. Betapa tidak, prestasi terbaik Skuad Garuda di ajang Asia Tenggara ini hanyalah menjadi nomor dua.

Terpopuler: Harga Pemain Timnas Indonesia Paling Mahal, Naturalisasi Shin Tae-yong

Bicara mengenai Piala AFF, Indonesia memiliki rekor yang kurang baik. Belum sekalipun trofi juara mampir ke Ibu Pertiwi.

Kutukan runner up membayangi Indonesia di Piala AFF. Empat kali melaju ke final, empat kali pula Timnas harus puas menjadi nomor dua. Hal tersebut terjadi pada 2000, 2002, 2004, 2010 dan 2016.

Menakar Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026, Ada Berapa Tahap Lagi?

Disadari atau tidak, kutukan tersebut seperti warisan dari Timnas Belanda. Indonesia dijajah Belanda selama 350 tahun, sehingga banyak peninggalan dari negara tersebut.

Indonesia tercatat sebagai negara Asia pertama yang tampil di Piala Dunia. Dengan nama Hindia Belanda, Tim Merah Putih tampil di Piala 1938 Prancis.

Alasan Haru Jay Idzes Rela Lepas Kesempatan Bermain dengan Timnas Belanda Demi Garuda

Bukan itu saja, Indonesia juga "diwarisi" Belanda menjadi spesialis runner up. Meski berada di level berbeda, Indonesia dan Belanda sering sial saat tampil di final dan harus puas menduduki posisi kedua.

Pemain Timnas Belanda merayakan gol ke gawang Gibraltar

Photo :
  • twitter.com/OnsOranje

Meskipun memiliki banyak pemain berkelas, Belanda belum pernah menjuarai Piala Dunia. Prestasi terbaik Die Oranje adalah tiga kali menjadi runner up pada 1974, 1978 dan 2010.

Di UEFA Nations League 2019, Belanda kembali menembus final. Lagi-lagi, kutukan runner up belum berhenti. Mereka kalah 0-1 dari Portugal di partai puncak.

Misi Hapus Kutukan Runner Up
Di Piala AFF 2020, Indonesia tergabung di Grup B bersama Vietnam, Malatsia, Kamboja dan Laos. Diharapkan dalam edisi kali ini, Indonesia bisa menghapus kutukan runner up.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, berharap Indonesia bisa segera mengakhiri kutukan runner up. Dia yakin armada Shin Tae-yong bisa memberikan yang terbaik.

"Sudah terlalu lama kita tidak menjadi juara. Kini saatnya kita menjadi yang terbaik. Mari kita doakan yang terbaik agar pemain timnas Indonesia bisa menjadi juara di Piala AFF kali ini," kata pria yang akrab disapa Iwan Bule tersebut dilansir situs resmi PSSI.

Indonesia akan melakoni laga perdana Piala AFF dengan melawan Kamboja. Laga berlangsung di  Bishan Stadium, Kamis 9 Desember 2021.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya