Nasib Mitra Kukar dari Gaet Eks Liverpool hingga Degradasi ke Liga 3

Pemain Mitra Kukar
Pemain Mitra Kukar
Sumber :
  • https://ligaindonesiabaru.com/

VIVA – Nasib tragis dialami Mitra Kukar. Dari tim yang doyan membeli pemain bintang hingga harus turun kasta ke Liga 3.

Mitra Kukar dipastikan terdegradasi ke Liga 3 musim depan. Naga Mekes menempati juru kunci Grup D Liga 2 dengan 12 poin dari 10 laga.

Poin Mitra Kukar sebenarnya sama dengan PSBS Biak di atas mereka. Sayang, mereka kalah head to head sehingga harus turun kasta.

Bicara mengenai Mitra Kukar, mereka memiliki sejarah panjang dalam persepakbola Tanah Air. Surabaya adalah kota pertama Mitra Kukar. Di tahun 1979, klub ini bernama Niac Mitra yang juga dikenal sebagai Mitra Surabaya.

Niac Mitra tergolong klub yang disegani dengan raihan tiga gelar Galatama. Mereka bahkan pernah mengalahkan Arsenal 2-0 dalam laga persahabatan yang berlangsung pada 16 Juni 1983 di Stadion Gelora 10 November.

Tahun 1999, Mitra Surabaya terdegradasi ke  Divisi Satu Liga Indonesia. Klub ini akhirnya dibeli pemilik Barito Putera dari Banjarmasin yakni Sulaiman HB dan pindah markas ke ibu kota Kalimantan Tengah, Palangkaraya. Sejak saat itu Mitra Surabaya berganti nama menjadi Mitra Kalteng Putra (MKP).

Kesulitan keuangan membuat klub ini kembali berpindah kota pada 2003 ke Kutai Kartanegara. Mereka pun resmi berganti nama menjadi  Mitra Kukar sejak 2005, setelah dijual dengan harga Rp1,5 miliar.