Nasib Mitra Kukar dari Gaet Eks Liverpool hingga Degradasi ke Liga 3

Pemain Mitra Kukar
Sumber :
  • https://ligaindonesiabaru.com/

VIVA – Nasib tragis dialami Mitra Kukar. Dari tim yang doyan membeli pemain bintang hingga harus turun kasta ke Liga 3.

Persikabo 1973 Jadi Tim Pertama yang Terdegradasi dari Liga 1 Musim Ini

Mitra Kukar dipastikan terdegradasi ke Liga 3 musim depan. Naga Mekes menempati juru kunci Grup D Liga 2 dengan 12 poin dari 10 laga.

Poin Mitra Kukar sebenarnya sama dengan PSBS Biak di atas mereka. Sayang, mereka kalah head to head sehingga harus turun kasta.

PSBS Biak Buka Suara Terkait Kerusuhan Suporter di Kandang Semen Padang

Bicara mengenai Mitra Kukar, mereka memiliki sejarah panjang dalam persepakbola Tanah Air. Surabaya adalah kota pertama Mitra Kukar. Di tahun 1979, klub ini bernama Niac Mitra yang juga dikenal sebagai Mitra Surabaya.

Niac Mitra tergolong klub yang disegani dengan raihan tiga gelar Galatama. Mereka bahkan pernah mengalahkan Arsenal 2-0 dalam laga persahabatan yang berlangsung pada 16 Juni 1983 di Stadion Gelora 10 November.

Liga 1 Musim Depan Berisi Wakil Seluruh Pulau

Tahun 1999, Mitra Surabaya terdegradasi ke  Divisi Satu Liga Indonesia. Klub ini akhirnya dibeli pemilik Barito Putera dari Banjarmasin yakni Sulaiman HB dan pindah markas ke ibu kota Kalimantan Tengah, Palangkaraya. Sejak saat itu Mitra Surabaya berganti nama menjadi Mitra Kalteng Putra (MKP).

Kesulitan keuangan membuat klub ini kembali berpindah kota pada 2003 ke Kutai Kartanegara. Mereka pun resmi berganti nama menjadi  Mitra Kukar sejak 2005, setelah dijual dengan harga Rp1,5 miliar.

Datangkan Mohamed Sissoko
Mitra Kukar tampil di kasta teratas Indonesia Super League (ISL) 2011/12. Mereka dikenal sebagai tim yang doyan membeli pemain bintang.

Yang paling fenomenal terjadi di Liga 1 2017. Naga Mekes mendatangkan Mohamed Sissoko dengan status marquee player.

Marquee player Mitra Kukar eks Liverpool, Mohammed Sissoko

Photo :
  • Istimewa

Sebelumnya, Sissoko malang-melintang di klub-klub besar Eropa. Pemain asal Mali ini sempat memperkuat Valencia, Liverpool, Juventus dan Paris Saint-Germain (PSG).

Bersama Mitra Kukar, Sissoko hanya bertahan semusim. Dia mencetak lima gol dari 26 pertandingan.

Mimpi buruk Mitra Kukar dimulai di Liga 1 2018. Mereka harus terdegradasi ke Liga 2, usai finis di posisi ke-16.

Padahal di musim tersebut, skuad Mitra Kukar masih tergolong mewah. Salah satunya ada Danny Guthrie yang pernah tercatat sebagai pemain Liverpool dan Newcastle United. 

Danny Guthrie saat membela Mitra Kukar

Photo :
  • ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/ama/18.

Di Liga 2 2019, Mitra Kukar mampu menembus babak 8 besar. Namun, di musim 2021 ini mereka dipastikan turun kasta ke Liga 3.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya