4 Fakta Skuad Timnas Vietnam di Piala AFF 2020

Pertandingan Timnas Vietnam melawan Laos
Sumber :
  • affsuzukicup.com

VIVA – Timnas Vietnam merupakan salah satu tim yang paling difavoritkan menjadi kampiun Piala AFF 2020. Apalagi, The Golden Star menyandang sebagai status juara bertahan.

Prediksi Piala Asia U-23: Timnas Indonesia vs Australia

Makanya, Timnas Vietnam bisa dibilang akan menjadi lawan terberat bagi Indonesia. Terlebih, skuad Garuda berada di Grup B bersama tim besutan Park Hang-seo tersebut.

Pertandingan Timnas Vietnam melawan Laos

Photo :
  • affsuzukicup.com
Hasil Qatar Vs Timnas Indonesia U-23 Dibatalkan karena Protes ke AFC? Begini kata Sang Manajer

Selain itu, Timnas Vietnam selalu menang dalam dua laga terakhir kontra Indonesia. Pun, Vietnam punya peringkat FIFA lebih baik dari Indonesia, dan menjadi satu-satunya wakil Asia Tenggara yang melaju ke putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

Sebelum turnamen ini dimulai, Park Hang-seo telah mengumumkan 30 pemain untuk tampil di Piala AFF 2020. Nah, ada beberapa fakta yang patut disimak tentang skuad Timnas Vietnam di Piala AFF 2020.

Klasemen Piala Asia U-23 2024 Usai Timnas Indonesia Ditekuk Qatar

Pertahankan 14 pemain juara di Piala AFF 2018

Timnas Vietnam membawa skuad terbaik di Piala AFF 2020. Kendati memasukkan beberapa pemain U-23, Park tetap membawa muka-muka lama yang sudah membawa Vietnam juara Piala AFF 2018 lalu.

Sebanyak 14 pemain yang membawa Vietnam juara Piala AFF 2018 masuk ke dalam skuad edisi 2020 kali ini. Phan Van Duc, Nguyen Quang Hai, dan Tran Dinh Trong yang bermain di final edisi sebelumnya masih akan menjadi pemain kunci.

Hanya bawa 2 debutan

Park Hang-seo hanya membawa dua pemain debutan untuk Piala AFF 2020. Dua tersebut adalah kiper Quan Van Chuan dan penyerang Tran Van Dat. Keputusan Park Hang-seo ini terbilang cukup mengejutkan.

Pemilihan Quan Van Chuan menjadi sangat menarik karena dua hal. Pertama, dia baru berusia 20 tahun. Dan, kedua, dia bermain untuk klub kasta kedua Liga Vietnam.

Sedangkan, bagi Nguyen Tuan Anh, ini akan menjadi Piala AFF pertamanya. Meskipun, dia sudah bermain di Timnas sejak 2016, tapi pada saat Piala AFF 2016 dan 2018, Nguyen mengalami cedera.

Rombak susunan kiper

Park Hang-seo memang tidak memasukkan banyak debutan dan masih percaya pemain-pemain lama. Namun, ada catatan menarik terjadi pada posisi kiper. Dia merombak total susunan penjaga gawang.

Tidak ada satu nama pun kiper yang tampil di Piala AFF 2018 yang kembali dipanggil pada edisi kali ini. Empat nama yang dibawa Park Hang-seo ke Singapura adalah Bui Tan Truong, Nguyen Van Hoang, Tran Nguyen Manh, dan Quan Van Chuan.

Bui Tan Truong sekaligus menjadi pemain yang paling senior di skuad The Golden Star di Piala AFF, karena usianya sudah memasuki 35 tahun.

Semua pemain berasal dari liga lokal semua

Komposisi skuad Timnas Vietnam hampir sama seperti Kamboja. Sebab, mereka sama-sama menggunakan semua skuadnya yang bermain di lokal. 

Sementara itu, 8 kontestan lainnya memanggil beberapa pemainnya yang tampil di liga luar dari negara mereka. Thailand, Singapura, Filipina, Myanmar, Timor Leste, Malaysia, Indonesia, dan Laos, menjadi tim yang membawa pemain yang tampil i liga luar dari negara mereka.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya