3 'Borok' Indonesia yang Bisa Jadi Penyebab Kekalahan dari Kamboja

Skuad Timnas Indonesia
Sumber :
  • PSSI

VIVA – Indonesia menghadapi Kamboja di laga perdana Grup B Piala AFF 2020. Duel tersebut akan digelar di Bishan Stadium, Singapura pada Kamis 9 Desember 2021. 

Reaksi Mengejutkan Ivar Jenner Usai Dikartu Merah, Bongkar Kecurangan Pemain Qatar

Di atas kertas tentu skuad asuhan Shin tae-Yong diunggulkan. Evan Dimas cs unggul kualitas pemain selain itu rekor pertemuan kedua tim juga memihak kepada Indonesia. 

Skuad Timnas Kamboja.

Photo :
  • Khmer Times
Tuan Rumah Gosok Voucher, 9 Pemain Timnas Indonesia U-23 Ditekuk Qatar, Wasit Enggak Adil?

Dari enam pertemuan terakhir, skuad Garuda selalu menang dengan defisit gol yang cukup mencolok yakni, 2-0, 1-0, 4-0, 7-0, 2-0, dan 6-0. Jelas catatan mentereng Indonesia tersebut jadi modal kuat untuk kembali melibas Angkor Warrior. 

Namun jangan dulu remehkan Kamboja, skuad asuhan Ryu Hirose ini memang di laga perdana takluk 1-3 dari Malaysia namun ada sejumlah catatan diyakini bisa jadi modal untuk menaklukkan Indonesia. 

Babak I, Qatar Ungguli Timnas Indonesia U-23 Lewat Titik Penalti

Melawan Malaysia, Kamboja berhasil unggul dari beberapa aspek seperti penguasaan bola dan jumlah passing. Selain itu, ada hal yang wajib jadi perhatian Shin tae-Yong, yaitu pekerjaan rumah yang belum terselesaikan dan catatan minor lain.

Dan berikut tiga hal yang bisa jadi penghambat Indonesia memetik kemenangan melawan Kamboja, dilansir berbagai sumber: 

1.Indonesia dihadapkan dengan kutukan di laga perdana Piala AFF. Ya, mereka sulit menang di laga pembuka di 3 edisi terakhir ajang Paling bergengsi di Asia Tenggara ini. Pada Piala AFF 2018, Timnas Indonesia menyerah 0-1 dari Singapura. Mundur ke 2016, skuad Garuda dipaksa keok dari Thailand dengan skor 2-4. Sedangkan, pada 2014, Timnas Indonesia hanya mampu bermaim seri 2-2 kontra Vietnam.  

2. Indonesia datang dengan pekerjaan rumah yang belum terselesaikan. Empat bomber yang dibawa Shin ke Singapura yaitu Ezra Walian (Persib Bandung), Kushedya Hari Yudo (Arema FC),  Dedik Setiawan (Arema FC), dan Hanis Saghara (Persikabko 1973) belum teruji ketajamannya.

Faktanya, Ezra Walian, Dedik Setiawan, dan Hanis Saghara sama-sama baru mencetak satu gol bersama klubnya masing-masing. Sementara Yudo sedikit lebih baik. Itu pun baru dua gol yang berhasil dia cetak untuk Arema musim ini. 

3. Dalam laga nanti, Indonesia kemungkinan besar tak memainkan bek berpengalamannya, Elkan Baggott. Bek Ipswich Town tersebut masih diistirahatkan Shin Tae-yong karena baru menempuh perjalanan panjang dari Inggris.

"Elkan tak akan masuk starting line up. Kami masih harus memberikan istirahat kepada Elkan. Dia akan disimpan di bangku cadangan," kata Shin dalam sesi konferensi virtual, Rabu 8 Desember 2021.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya