Laga Perdana di Piala AFF 2020, Timnas Indonesia Libas Kamboja

Para pemain Timnas Indonesia merayakan gol.
Sumber :
  • Instagram/@pssi

VIVA – Timnas Indonesia menghadapi Kamboja dalam matchday kedua Grup B Piala AFF 2020, di Bishan Stadium, pada Kamis 9 Desember 2021. Di laga tersebut, Timnas Indonesia berhasil melibas Kamboja.

Shin Tae-yong Dapat Kabar Baik dari Erick Thohir soal Perpanjangan Kontrak

Selepas kick off, Timnas Indonesia langsung mengambil inisiatif penguasaan bola. Sementara itu, Kamboja mengandalkan kecepatan mereka demi mengimbangi permainan Indonesia.

Usaha skuad Garuda untuk menciptakan gol cepat akhirnya terwujud saat pertandingan baru berjalan 4 menit. Sundulan Rachmat Irianto sukses melesat mulus ke dalam gawang usai menerima umpan sepak pojok dari Evan Dimas.

Intip Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Perempat Final Piala Asia U-23

Pada menit ke-17, Timnas Indonesia berhasil menggandakan keunggulan. Kali ini, giliran Evan Dimas yang mencatatkan namanya di papan skor dengan tembakan kaki kanannya usai memaksimalkan umpan silang Pratama Arhan.

Menit 33, Timnas Kamboja semakin tertinggal setelah Rachmat Irianto mencetak gol lagi. Pemain Persebaya itu kembali mencetak gol lewat kepalanya dari umpan sepak pojok, yang kali ini dikirimkan oleh Pramata Arhan.

PSSI Buka Suara soal Dugaan Pengaturan Skor Bhayangkara FC Vs Persik

Tertinggal tiga gol ternyata tak menciutkan nyali Kamboja dalam usaha mereka membongkar pertahanan Indonesia. Menit ke-37, Yue Safy sukses membobol gawang Indonesia dengan sundulannya usai menerima umpan sepak pojok Keo Sokpheng.

Di sisa waktu yang ada pada babak pertama, kedua tim mulai saling berbalas serangan. Namun, hingga peluit panjang tanda turun minum dibunyikan, tak ada gol lagi. Indonesia mampu mengamankan keunggulan 3-1.

Babak Kedua

Usai jeda, Timnas Indonesia melakukan perubahan di susunan pemain dengan memasukkan Ramai Rumakiek dan Victor Igbonefo untuk menggantikan Irfan Jaya dan Ryuji Utomo. Sedangkan, Kamboja juga meningkatkan intensitas serangan mereka.

Usaha Timnas Indonesia untuk menambah keunggulan akhirnya terwujud pada menit ke-54. Menerima umpan terukur Ricky Kabuaya, Ramai Rumakiek yang berdiri dalam posisi tepat sukses membuat kiper Kamboja harus memungut bola dari gawang untuk keempat kalinya.

Namun, enam menit kemudian, Timnas Kamboja berhasil memperkecil kedudukan. Adalah Prak Mony Udom yang sukses menciptakan gol kedua Kamboja setelah eksekusi tendangan bebasnya tak bisa diantisipasi oleh kiper Timnas Indonesia, Syahrul Trisna.

Setelah itu, Kamboja malah mulai menguasai jalannya permainan dengan tampil lebih menekan. Bahkan, mereka sanggup mempunyai peluang berbahaya.

Akan tetapi, hingga wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya laga, tidak ada lagi gol yang tercipta. Timnas Indonesia sukses menutup pertandingan melawan Kamboja dengan kemenangan 4-2.

Atas hasil ini, Timnas Indonesia berada di urutan kedua klasemen sementara Grup B Piala AFF 2020 dengan koleksi 3 poin. Sedangkan, Kamboja menempati posisi keempat dengan raihan tanpa poin.

Susunan pemain

Indonesia: Syahrul Trisna (PG); Ryuji Utomo (Victor Igbonefo 46'), Alfeandra Dewangga, Pratama Arhan (Edo Febriansyah 41'), Asnawi Mangkualam, Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya, Evan Dimas (Syahrian Abimanyu 71'), Witan Sulaeman, Irfan Jaya (Ramai Rumakiek 46'), Ezra Walian (Kushedya Hari Yudo 83').

Kamboja: Hul Kimhuy (PG); Sath Rosib (Chreng Polroth 57'), Saret Krya, Tes Sambath, Yue Safy, Choun Chancav, Nhean Sosidan (Leng Nora 57'), Lim Pisoth, Min Ratanak (Prak Mony Udom 57'), Sieng Chanthea, Keo Sokpheng. (Brak Thiva 71')

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya