Harapan Besar Shin Tae-yong pada Evan Dimas di Piala AFF 2020

Kapten Timnas Indonesia, Evan Dimas Darmono
Sumber :
  • PSSI

VIVA – Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memuji Evan Dimas Darmono yang memiliki peran penting di tubuh skuad Garuda. Pelatih asal Korea Selatan itu menyebut pemain seperti Evan bisa membawa Tim Merah Putih menjadi lebih baik.

Selain Perpanjangan Kontrak, Erick Thohir Ungkap Perbincangan dengan Shin Tae-yong di Qatar

Seperti diketahui, Evan menjadi salah satu pemain paling berpengalaman di skuad Piala AFF saat ini lantaran sudah cukup lama membela Timnas Indonesia di berbagai level usia. Dia telah berkostum Merah Putih sejak 2013 saat tampil di Piala AFF U-19 dan membawa skuad Garuda juara usai menaklukkan Vietnam di partai final.

Sejak saat itu, pilar Bhayangkara FC tersebut menjadi rutin dipanggil membela Timnas Indonesia. Dia selalu menjadi pilihan utama meski Tim Merah Putih telah beberapa kali melakukan pergantian pelatih.

Ini Live Streaming Timnas Indonesia U-23 Vs Korea Selatan di Perempat Final Piala Asia

Timnas Indonesia merayakan gol

Photo :
  • PSSI

Evan memperkuat Timnas di SEA Games 2015, 2017, dan 2019. Dia juga tampil di Piala AFF 2014 serta berbagai pertandingan dan turnamen internasional lainnya, termasuk Kualifikasi Piala Dunia dan Kualifikasi Piala Asia.

PSSI Buka Suara soal Nilai Kontrak Shin Tae-yong di Timnas Indonesia hingga 2027

Kini, dia ditunjuk sebagai kapten Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 oleh Shin Tae-yong. Eks juru taktik Timnas Korea Selatan itu melihat pengalaman dan potensi Evan bisa memberi dampak positif pada prestasi Tim Merah Putih.

"Evan Dimas saat ini sebagai kapten dan merupakan pemain dengan banyak pengalaman di pertandingan-pertandingan internasional. Saya percaya Evan bisa berperan membawa timnas maju," kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers virtual usai laga, Kamis malam, 9 Desember 2021.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong

Photo :
  • pssi.org

"Pemain seperti ini yang harus memimpin tim agar kita bisa mewujudkan target ke depan," jelasnya.

Evan Dimas memimpin Timnas Indonesia memetik hasil positif saat menghadapi Kamboja pada partai perdananya di Grup B Piala AFF 2020. Tampil di Stadion Bishan, Singapura, Kamis 9 Desember 2021, skuad Garuda menang telak 4-2.

Rahmat Irianto jadi bintang dengan torehan dua golnya. Dua gol lainnya dilesakkan oleh Evan Dimas dan Ramai Rumakiek. Sementara, Kamboja memperkecil selisih melalui gol Yue Safy dan Prak Mony Udom.

Kemenangan ini membawa Indonesia berada di posisi kedua klasemen sementara Grup B di bawah Malaysia yang sudah memainkan dua laga. Berikutnya, Tim Merah Putih akan menghadapi Laos pada Minggu, 12 Desember 2021.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya