Malaysia Ogah Main Cantik, Bingung Tebak Taktik Timnas Indonesia

Timnas Indonesia takluk saat melawan Timnas Malaysia pada pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup G Zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Kamis 5 September 2019
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA – Malaysia dituntut menang untuk lolos ke semifinal Piala AFF 2020. Pada pertandingan terakhir babak penyisihan grup, Harimau Malaya diketahui akan berhadapan dengan Timnas Indonesia.

3 Skenario Timnas Indonesia U-23 Tembus Olimpiade 2024

Laga di Bishan Stadium, Singapura pada Minggu 19 Desember 2021 itu sudah pasti akan berjalan sengit. Selain keduanya adalah musuh bebuyutan, baik Malaysia maupun Indonesia sama-sama punya kepentingan mendesak.

Sementara Malaysia harus menang, Indonesia dalam kesempatan tersebut dituntut setidaknya mendulang hasil imbang untuk mengamankan tiket lolos dari GrupB.

Wakil Ketua DPD Mahyudin Harap Keberhasilan Timnas Indonesia U-23 Memotivasi Anak Muda Bangsa

Bagi Malaysia, tidak ada kata selain harus tampil habis-habisan. Pelatih Tan Cheng Hoe bahkan menyatakan kalau tim asuhannya akan memakai berbagai cara asal bisa memang, termasuk mengabaikan permainan cantik.

"Sudah tentu hasil menjadi lebih penting daripada permainan yang cantik. Ini perlawanan yang perlu kita menangi tak kiralah berapa pemain yang kita ada dan apa jua situasi yang kita hadapi ketika ini," kata Cheng Hoe dikutip Berita Harian.

Erick Thohir: Generasi Emas Timnas Indonesia Terus Ciptakan Sejarah Baru

"Kalau kita tergesa-gesa ataupun bermain dalam tekanan, kita tidak akan boleh beraksi seperti mana yang kita mahukan. Apa yang penting pemain terus percaya pada kemampuan diri dan rakan sepasukan,"sambungnya.

Bingung Meraba Taktik Indonesia

Pada kesempatan itu Cheng Hoe juga berterus terang mengatakan pihaknya tidak punya gambaran bagaimana Indonesia akan bermain nanti.

Pemain Timnas Indonesia merayakan gol ke gawang Laos

Photo :
  • PSSI

Dalam dua pertandingan awal Tim Garuda diketahui tampil menyerang melawan Kamboja dan Laos. Sedangkan ketika menghadapi Vietnam, Evan Dimas cs bertahan total.

Karena Indonesia hanya butuh seri, Malaysia bingung menerka taktik yang akan digunakan oleh pasukan besutan Shin Tae-yong, apakah akan kembali bertahan, atau balik kepada gaya menyerang.

"Kita tahu Indonesia hanya perlu seri, jadi mungkin mereka akan main bertahan ataupun sebaliknya, kita tidak tahu. Apa yang pasti adalah kita perlu siapkan pasukan dengan persediaan terbaik bagi bertemu mereka," ujar Cheng Hoe lagi.

"Kita perlu sentiasa menyesuaikan diri kerana kita tidak boleh remehkan lawan. Mereka sangat menyerang dalam dua aksi pertama, jadi kita perlu jadi fleksibel dalam situasi apapun. Kita akan turun dengan misi mendapatkan gol pada aksi ini," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya