Egy Maulana Vikri di Piala AFF 2020: Datang, Cetak Gol, Final

Pilar Timnas Indonesia, Egy Maulana Vikri (tengah) bersama Witan Sulaeman dan Asnawi Mangkualam Bahar di Piala AFF 2020
Sumber :
  • Twitter/@PSSI

VIVA – Timnas Indonesia berhasil melangkah ke final Piala AFF 2020 berkat kemenangan 5-3 secara agregat atas Timnas Singapura. Egy Maulana Vikri jadi salah satu pencetak gol skuad Garuda di laga ini.

Piala Asia U-23 Pakai Head to Head atau Selisih Gol? Ini Syarat Timnas Indonesia ke Perempat Final

Ya, Egy sukses membungkam segala kritik yang datang padanya dengan mempersembahkan gol krusial yang mematahkan moral para pemain Singapura. Dia menciptakan gol terakhir yang berawal dari situasi sepak pojok di menit 105+2.

Pemain FK Senica itu berada di depan mulut gawang dan dengan cepat menyambar bola liar yang sebelumnya ditepis oleh kiper Hassan Sunny.

Sosok Ernando Ari 'Tembok Kokoh' Timnas Indonesia, Bikin Australia Gigit Jari

Torehan tersebut seakan menegaskan jika dirinya memiliki peran penting dalam skuad Garuda di Piala AFF 2020 meski dia baru datang jelang laga semifinal leg pertama. Terlebih, ini merupakan laga perdananya bersama Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 ini. Meski begitu, dia langsung mempersembahkan gol dan memastikan langkah skuad Garuda ke partai puncak.

Egy Maulana Fikri dan Witan Sulaiman

Photo :
  • U-Report
Kata Media Asing usai Timnas Indonesia Tekuk Australia: Impian Shin Tae-yong Bakal Jadi Kenyataan

Sebelumnya, banyak pihak khawatir jika kedatangan Egy bakal mengganggu skema yang telah dijalankan pelatih Shin Tae-yong sejak awal turnamen. Namun, dia berhasil membuktikan jika kehadirannya bisa membantu meningkatkan kualitas Timnas Indonesia.

Dalam duel semifinal leg kedua yang digelar di National Stadium, Singapura, Sabtu 25 Desember 2021, Indonesia berhasil memenangkan duel krusial ini dengan skor 4-2. Sebelumnya, pada leg pertama, skuad Garuda bermain imbang 1-1 kontra Singapura.

Kemenangan ini tak diraih Indonesia dengan mudah. Sebab, Tim Merah Putih hampir saja tumbang dari 9 pemain Singapura.

Winger Timnas Indonesia, Egy Maulana Vikri

Photo :
  • PSSI

Ya, The Lions mendapatkan dua kartu merah di waktu normal yang diberikan kepada Safuwan Baharudin dan Irfan Fandi. Di masa perpanjangan waktu, kiper Hassan Sunny juga ikut mendapatkan kartu merah.

Sempat memimpin lewat gol Ezra Walian, Indonesia malah berbalik tertinggal oleh gol Song Ui-young dan Shahdan Sulaiman. Beruntung, Pratama Arhan menyelamatkan nyawa skuad Garuda berkat golnya di menit 87.

Skor 2-2 membuat laga berlanjut ke babak tambahan waktu. Di masa tersebut, Evan Dimas cs menambah dua gol lagi lewat gol bunuh diri Shawal Anuar dan Egy Maulana Vikri.

Indonesia pun mengakhiri duel panas ini dengan kemenangan 4-2 dan 5-3 secara agregat. Tim Merah Putih menanti pemenang antara Timnas Thailand kontra Timnas Vietnam yang akan jadi lawan di laga pamungkas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya