5 Orang Berpengaruh Di Balik Kesuksesan Pelatih Timnas Shin Tae-yong

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong
Sumber :
  • PSSI

VIVA – Ada beberapa orang berpengaruh dibalik kesuksesan sang pelatih Shin Tae-yong untuk Timnas Indonesia. Saat ini, Shin Tae-yong tengah berjuang untuk mencetak sejarah dengan membawa Timnas Indonesia menjuarai Piala AFF untuk yang pertama kalinya. Akan tetapi Shin Tae-yong tidak sendirian sampai menemukan ramuan terbaik untuk Timnas Indonesia. Ia dibantu oleh beberapa orang yang mempunyai pengalaman di bidangnya masing-masing, berikut adalah ulasan selengkapnya.

Media Asing Puji Timnas Indonesia, Penuh Talenta Muda Cemerlang hingga Gol Manjakan Mata

Lalu, Siapa Saja Orang Berpengaruh Di balik Kesuksesan Shin Tae-yong?

1. Nova Arianto – Asisten Pelatih

Persib Bandung dalam Atmosfer Bagus Jelang Lawan Borneo FC

Asisten pelatih Timnas Indonesia U-22, Nova Arianto

Photo :
  • VIVA / Yudhi Maulana

Nama Nova Arianto tampaknya bukan nama asing bagi Indonesia karena ia pernah membawa Timnas Indonesia U-23 untuk lolos ke babak final SEA Games 2019 lalu. Ketika itu, Nova Arianto berstatus menjadi asisten pelatih Indra Sjafri. Saat takhta tertinggi kepelatihan Timnas Indonesia dipegang oleh Shin Tae-yong, Nova Arianto kembali mendapatkan kepercayaan dari PSSI.

Persib Bandung Tetap Waspadai Borneo FC yang Pincang

Dengan demikian, Nova Ariantio bisa belajar lebih banyak dari Shin Tae-yong yang pernah memiliki pengalaman membawa Seongham Ilhwa Chunma menjuarai Liga Champions Asia 2010. Selain mempunyai pengalaman atau andal dalam membentuk pertahanan yang tangguh, Nova Arianto juga adalah sosok yang dihormati oleh pemain Timnas Indonesia.

2. Shin Sang-gyu – Pelatih Fisik

Sang pelatih utama, Shing Tae-yong menerapkan strategi high pressing untuk Timnas Indonesia. Untuk menerapkan strategi tersebut para pemain Timnas Indonesia tentu saja memerlukan fisik yang optimal.

Shin Sang-gyu yang kini mengemban posisi sebagai pelatih fisik memiliki peran atas meroketnya stamina dari Rachmat Irianto dan kawan-kawan. Hal ini terbukti pada Piala AFF 2020, skuad Timnas Indonesia tampak bisa berlari sepanjang 90 pertandingan.

3. Kim Bong-soo – Pelatih Kiper

Timnas Indonesia mempunyai empat penjaga gawang atau kiper yang sama baiknya untuk Piala AFF 2020 tersebut. Kiper tersebut adalah Nadeo Argawinata, Ernando Ari Sutaryadi, Muhammad Riyandi, dan Syahrul Trisna.

Nama-nama di atas memiliki kehebatan yang tidak terlepas dari sosok Kim Bong-soo. Demi meningkatkan kualitas dari penjaga gawang Timnas, Kim Bong-soo tidak segan-segan untuk membanting Nadeo dan kawan-kawan dalam sesi latihan. Tujuannya hanya untuk meningkatkan mental dan juga refleksi para pemain.

4. Dzenan Radoncic – Asisten Pelatih

Dzenan Radoncic

Photo :
  • Tangkapan Layar

Dzenan Radoncic adalah seorang bomber andalan Shin Tae-yong ketika Mengatasi Seongnam Ilhwa Chunma. Saat itu, striker yang memiliki paspor Montenegro tersebut turut membantu Shin Tae-yong untuk membawa Seongnam kampiun Liga Champions Asia tahun 2010 lalu.

Maka dari itu, Dzenan Radoncic dibawa oleh Shin Tae-yong untuk bergabung dengan Timnas Indonesia sejak Oktober 2021. Sejak kehadiran Dzenan Radoncic, produktivoitas gol dari Timnas Indonesia terus meroket.

5. Jeong Seok-seo – Penerjemah

Jeong Seok-seo

Photo :
  • Tangkapan Layar

Strategi yang diutarakan oleh Shin Tae-yong kepada para pemain Timnas Indonesia tidak akan berjalan optimal bila tidak ada sosok Jeong Seok-seo. Pria yang satu ini memiliki tugas menjadi penerjemah, alias penyambung lidah di antara Shin Tae-yong ke pada para pemain Timnas Indonesia.

Salah satu peran Jeong Seok-seo tampak dalam sebuah video yang diungkapkan dalam kanal YouTube PSSI TV menjelang laga Timnas Indonesia kontra Malaysia. Ketika itu, Shin Tae-yong tengah menjelaskan kelemahan dari Timnas Malaysia dalam bahasa Korea, lalu diterjemahkan oleh Jeong Seok-seo ke dalam bahasa Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya