Terbongkar, 3 Penyebab Timnas Indonesia Hancur Diterkam Thailand

Duel Timnas Indonesia vs Thailand.
Sumber :
  • https://www.instagram.com/pssi/

VIVA – Timnas Indonesia dibantai Thailand pada laga leg pertama babak final Piala AFF 2020. Bermain di Stadion National, Kallang, Singapura, Rabu 29 Desember 2021, Indonesia tak berdaya 0-4.

Elkan Baggott Gabung Timnas Indonesia U-23 untuk Lawan Guinea

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong membongkar penyebab timnya hancur dihantam Thailand. Pertama adalah gol cepat Songkrasin pada menit kedua. 

Gol tersebut diakui Shin Tae-yong memengaruhi penampilan pemainnya, sehingga kalah dengan skor telak.

Kata Shin Tae-yong soal Nasib Timnas Indonesia U-23 di Olimpiade 2024

"Gol yang sangat cepat itu memengaruhi pertandingan ini. Begitu babak pertama dimulai, kami kebobolan sehingga mempersulit kami sendiri, kata Shin Tae-yong usai laga.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong

Photo :
  • PSSI
Pertandingan Timnas Indonesia U-23 Vs Guinea Mendadak Digelar Tertutup

Berikutnya, Shin menyebut pengalaman juga menjadi pembeda di laga ini. Timnas Indonesia yang bermaterikan pemain-pemain muda tak mampu meladeni permainan Thailand.

"Tidak menyangka kami banyak kemasukan gol. Di sini pengalaman terlihat sangat berperan. Yang penting saat ini memulihkan fisik pemain," ucapnya.

Selain itu, yang membuat Indonesia mengakhiri final pertama Piala AFF tanpa mencetak gol adalah peluang gol yang terbuang percuma.

Shin Tae Yong menyoroti Alfeandra Dewangga yang gagal memanfaatkan peluang emas Indonesia pada menit ke-41. Pemain PSIS Semarang itu sebenarnya sudah di depan gawang, namun tidak bisa memasukkan bola hasil kerja keras Witan Sulaeman.

"Kami juga ada peluang terbaik dari Dewangga yang bisa cetak gol, seharusnya bisa mengubah hasil jadi lebih baik," kata Shin Tae Yong menyesali.

Gol-gol Thailand

Ketika laga baru berjalan dua menit, Timnas Indonesia sudah tertinggal oleh gol Chanatip Songkrasin, Tendangan keras Messi Thailand tak mampu dihalau oleh kiper Indonesia, Nadeo Argawinata. 

Thailand kembali membobol gawang Indonesia di menit 52. Kali ini gol lewat skema serangan balik. Lagi-lagi, Chanatip yang membobol gawang Indonesia. Dia lepas dari kawalan setelah menerima umpan dari Supachok Sarachat.

Alih-alih memperkecil kedudukan, gawang Indonesia kembali bobol di menit 67. Kali ini, Supachok Sarachat melepaskan tendangan dari luar kotak penalti.

Final Piala AFF 2020, Timnas Indonesia Vs Thailand

Photo :
  • aseanfootball.org

Rapuhnya pertahanan Indonesia dimanfaatkan Thailand di menit 83. Bordin Phala mencatatkan namanya di papan skor. Skor 4-0 untuk kemenangan Thailand bertahan hingga laga usai. 

Hasil ini membuat misi Indonesia memupus kutukan runner up semakin sulit. Indonesia harus menang dengan keunggulan lima gol pada leg kedua, Sabtu 1 Januari 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya