Tradisi Ganti Pelatih Timnas Indonesia, STY: Tak Usah Khawatir

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong
Sumber :
  • PSSI

VIVA – Sejauh ini Shin Tae-yong telah berhasil membawa Timnas Indonesia kembali menginjak final Piala AFF. Meski tampaknya gelar juara masih belum bisa direbut.

5 Fakta Mengerikan Timnas Indonesia Usai Singkirkan Korea Selatan di Piala Asia U-23

Tapi setidaknya publik bisa menilai ada perkembangan signifikan dari timnas sejauh ini. Dengan materi pemain muda dan tidak diunggulkan di awal, tapi polesan Shin Tae-yong berhasil membawa tim tampil solid.

Dukungan kepada Shin Tae-yong untuk melanjutkan kiprah menangani timnas pun terus berdatangan. Publik tanah air, khususnya melalui media sosial, terus bersuara agar pria asal Korea Selatan tersebut dipertahankan.

Perasaan Shin Tae-yong Usai Timnas Indonesia U-23 Singkirkan Korea Selatan

Maklum saja, sebelumnya PSSI sempat membuat kecewa karena mengganti Luis Milla yang berhasil membawa tim ke final Piala AFF 2016. Karena itu publik dengan lantang mengingatkan agar hal yang sama tidak terjadi dengan Shin Tae-yong.

Berbicara dalam konfrensi pers jelang leg kedua final melawan Thailand, Shin Tae-yong pun membahas perkara masa depan di Indonesia. Dia menyatakan publik tak perlu cemas karena kontraknya masih terus berjalan sampai 2023 mendatang.

3 Skenario Timnas Indonesia U-23 Tembus Olimpiade 2024

"Jadi saya sudah mengikat kontrak dengan federasi (PSSI) hingga 31 Desember 2023. Tidak ada yang bisa memecat dan kalau saya yang meminta mundur pun harus membayar denda," kata Shin Tae-yong.

"Indonesia sekarang baru mulai, baru bisa maju ke depan. Saya mohon fans jangan khawatir dan mohon dukungan," katanya lagi.

25 Kali Ganti Pelatih

Tercatat, Sejak Piala AFF (dulu bernama Piala Tiger) bergulir pada 1996, Timnas Indonesia sudah berganti pelatih sebanyak 25 kali.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong

Photo :
  • pssi.org

Namun, gonta-ganti pelatih tersebut tak membuahkan hasil satu pun trofi Piala AFF. Paling mentok hanya mencapai partai final sebanyak lima kali. Lagi dan lagi, Timnas Indonesia keok dan jadi runner-up.

Jika dihitung secara rata-rata dari 1996 hingga tahun 2021, pergantian pelatih timnas dilakukan tiap tahun sekali.

Menjawab kehkhawatiran itu, Menpora Zainudin Amali menjamin bahwa Shin Tae-yong akan tetap menjabat sebagai pelatih Timnas Indonesia meskipun Indonesia gagal juara Piala AFF 2020 ini.

“Shin Tae-yong ini kan awalnya direkrut sebagai pelatih Indonesia di Piala Dunia U-20 pada 2021 yang mana kita menjadi tuan rumahnya. Dan karena ada pandemi ditunda ke-2023," kata Menpora di Jakarta, 27 Desember 2021.

"Kita butuh pelatih untuk timnas di Piala Dunia U-20. Jadi, Shin Tae-yong dipastikan aman (sesudah Piala AFF). Saya menjamin itu," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya