Shin Tae-yong Tak Bawa Egy dan Elkan Baggott ke Piala AFF U-23

Pilar Timnas Indonesia, Egy Maulana Vikri (tengah) bersama Witan Sulaeman dan Asnawi Mangkualam Bahar di Piala AFF 2020
Sumber :
  • Twitter/@PSSI

VIVA – Pelatih Shin Tae-yong langsung mengalihkan fokusnya ke Timnas Indonesia U-23. Skuad Garuda Muda bakal berlaga di Piala AFF U-23 yang berlangsung pada 14-26 Februari 2022

Kecuali Indonesia, Wakil ASEAN Terseok-seok di Piala Asia U-23: Vietnam Babak Belur

Untuk ajang ini, Shin Tae-yong memastikan tidak akan membawa pemain yang berkarier di klub luar negeri. Mereka adalah Egy Maulana Vikri, Elkan Baggott, Witan Sulaeman, Syahrian Abimanyu, dan Asnawi Mangkualam.

Hal itu lantaran saat Piala AFF U-23 2022 bergulir pada 14-26 Februari 2022, kompetisi sepakbola di luar negeri juga sedang berlangsung.

Media Asing Puji Timnas Indonesia, Penuh Talenta Muda Cemerlang hingga Gol Manjakan Mata

Egy Maulana Vikri merayakan gol perdananya bersama FK Senica.

Photo :
  • Instagram/@fortunaligask

"Memang Piala AFF bukan FIFA matchday, tapi kemarin klub bersedia melepas pemainnya. Jadi dari klub berbaik hati dan kami harus balas," kata Shin, yang ditemui di Hotel Sultan, Jakarta, Kamis 6 Januari 2022.

Alasan Heerenveen Izinkan Nathan Tjoe-A-On Kembali ke Timnas Indonesia U-23

"Kami harus mengalah kali ini tidak memanggil pemain-pemain di luar negeri dan fokus menggunakan pemain di Liga Indonesia," tutur Shin Tae Yong.

Untuk melengkapi skuad Timnas U-23, Shin menyebut akan menggunakan beberapa pemain eks Timnas U-19 yang sempat menjalani pemusatan latihan di Turki pada 2021.

Ya, sebagian besar mantan skuad U-19 punya potensi jadi bintang baru di sepakbola Tanah Air. Di antaranya Bagas Kaffa, David Maulana, Mochammad Supriadi, Brylian Aldama, dan Bagus Kahfi.

Bahkan Brylian Aldama dan Bagus Kahfi saat ini sedang meniti karier di klub Eropa. Brylian tergabung bersama klub Kroasia HNK Rijeka sementara Bagus di klub Belanda, Jong Utrecht.

Pemain Timnas Indonesia U-19, Bagas Kaffa dan Bagus Kahfi.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/nz

"Ada lima sampai enam pemain di Turki yang akan kita bawa[Piala AFF U-23," ujar pelatih asal Korea Selatan itu.

Timnas Indonesia U-23 tergabung di Grup B bersama Malaysia, Myanmar dan Laos. Timnas U-23 yang berstatus sebagai juara bertahan pantang lengah. Sebab, hanya juara grup yang diizinkan lolos otomatis ke semifinal Piala AFF U-23 2022.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya