Shalika Gabung Roma, PSSI: Pintu Awal Timnas Wanita Berkarier di Eropa

Pemain Timnas Wanita Indonesia, Shalika Aurelia.
Sumber :
  • Instagram/@shalika.aurelia

VIVA – PSSI menyambut baik keberhasilan Shalika Aurelia bergabung dengan Roma Calcio Femminile. Diungkapkan Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi, kepastian Shalika merumput di Eropa menjadi pintu awal bagi Timnas Wanita Indonesia untuk berkarier di luar negeri.

Satoru Mochizuki Ungkap Kriteria untuk Pemain Timnas Indonesia Wanita U-17

Shalika secara resmi meneken kontrak dengan klub Serie B Italia itu pada awal Januari 2022. Hal itu terungkap dari unggahan pemain berposisi bek di akun Instagram pribadinya, Sabtu 8 Januari 2022.

Perekrutan Shalika oleh Roma CF menjadikannya pesepakbola wanita Indonesia pertama yang berkarier di luar negeri. PSSI pun berharap ke depannya akan lebih banyak pemain wanita yang mengikuti jejak Shalika.

Daftar Pemain yang Ikut Seleksi Tim U-17 Wanita Indonesia

Bek Timnas Wanita Indonesia, Shalika Aurelia.

Photo :
  • Instagram/@shalika.aurelia

Diungkapkan Yunus, hal itu sejalan dengan misi Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, yang ingin membangun Timnas yang kuat. Salah satu caranya dengan mendorong para pemain untuk menimba ilmu dengan berkarier di luar negeri.

Markas Bali United Jadi Opsi Pemusatan Latihan Tim Wanita Indonesia U-17

"Kami bersyukur salah satu pemain Timnas Wanita Indonesia berada di sana (Italia). Itu juga menjadi salah satu misi Ketum yang selalu meminta kepada klub-klub agar pemainnya diizinkan bermain di luar, salah satunya seperti apa yang dilakukan Shalika di Italia, di Roma," ujar Yunus ketika ditemui di Kantor PSSI, Rabu 12 Januari 2022.

"Pemain-pemain Indonesia harapan kami sebisa mungkin untuk bermain di luar negeri khususnya di Eropa. Shalika akan menjadi pintu awal pemain Timnas wanita kita bermain di luar negeri. Kami berharap ada lagi pemain-pemain Timnas wanita untuk bisa ikut merumput di luar negeri," lanjut dia.

Sekjen PSSI, Yunus Nusi

Photo :
  • PSSI

Berkat kesuksesannya berkarier di Eropa, Shalika menjadi salah satu nama yang dibawa pelatih Rudy Eka Priyambada ke Piala Asia Wanita 2022 di India. Nantinya, dia akan langsung bergabung dengan tim di India.

"Kami bersyukur pemain Timnas wanita (Shalika) ini berada di sana. Kita bersyukur timnya memberikan izin untuk main di India. Nanti, dia akan menyusul ke India," ucap Yunus.

Piala Asia Wanita 2022 akan dihelat di India pada 20 Januari hingga 6 Februari 2022. Sebanyak 12 tim bersaing untuk memperebutkan gelar juara di turnamen tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya