Pernyataan Haruna Soemitro soal Proses Tak Penting Sangat Ngawur

Manajer Madura United, Haruna Soemitro.
Sumber :
  • Rahmad Noto (Surabaya)/VIVA

VIVA – Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Haruna Soemitro, secara terang-terangan mengkritik kinerja Shin Tae-yong di Timnas Indonesia.

Ini Live Streaming Timnas Indonesia U-23 Vs Korea Selatan di Perempat Final Piala Asia

Haruna menyebut, masyarakat Indonesia saat ini ingin melihat hasil, bukan proses. Dia menyampaikan kritikan itu kepada Shin Tae-yong selepas Piala AFF 2020. 

Namun, pelatih asal Korea Selatan itu menyebut Timnas Indonesia sedang berproses. Jawaban inilah yang tak memuaskan Haruna. 

PSSI Buka Suara soal Nilai Kontrak Shin Tae-yong di Timnas Indonesia hingga 2027

Mantan manajer Madura United itu juga menyebut saat ini masyarakat Indonesia sudah tak peduli lagi pada proses melainkan ingin melihat hasil.

"Meskipun proses bagus. Tadi kita diskusi dengan Shin Tae-yong. Mengapa proses di kita seperti ini. Kenapa kemarin kita sampai kalah 0-4 dari Thailand padahal kita tidak pernah kalah sebesar itu," ucap Haruna Soemitro.

Media Asing Beri Julukan untuk Timnas Indonesia U-23: Tim Pengacau

"Di SEA Games yang baru saja kita sudah menang 2-0. Kenapa kemarin kita bisa kalah? Dia bilang Anda tidak tahu prosesnya. Ya memang begitu sepakbola. Orang tidak mau lihat proses, yang mau dilihat hasil," tegas Haruna Soemitro.

Tanggapan Pengamat Sepakbola Nasional

Pernyataan Haruna pun jadi sorotan pecinta sepakbola nasional. Dia bahkan jadi bulan-bulanan netizen, sampai tagar Harunaout pun menggema menjadi trending topic di twitter.

Pengamat sepakbola nasional, Tommy Welly menyebut, kata-kata yang diutarakan Haruna ke publik soal kritikannya kepada Shin Tae-yong adalah ngawur.

Menurutnya, kata-kata seperti itu tidak pantas diucapkan oleh seorang Komite Eksekutif.

"Intinya, sebenarnya banyak bukan hanya tentang Shin saja. Berdasarkan podcast ada banyak hal yang menurut saya kontroversial. dan memalukan, Terutama karena dia Exco, kalau orang awam ya boleh saja, kalau exco PSSI salah, ya memalukan" kata Tommy, saat dihubungi VIVA, Selasa 18 Januari 2022

"Yang kontroversi, itu proses dan hasil, yang salah, yang ngawur match fixing enggak mau panjang lebar, ini adalah kontroversi dan ngawur. Proses kan sudah dijalani bahwa hasil yang belum maksimal itu satu hal lain. Haruna kan bilang yang penting hasil di sepakola. itulah yang menurut saya kacau," sambungnya.

Pria yang akrab disapa Bung Towel itu mengatakan, proses yang dilakukan Shin Tae-yong seharusnya perlu didukung. Sebab, pelatih asal Korea Selatan itu sedang memabangun pondasi baru Timnas Indonesia.

"Dia membangun generasi sepakbola Indonesia. Dan seperti kalimat Shin selumnya, dia tidak selamanya di timnas, dia ingin mewariskan sesuatu untuk Timnas ke depan," ucap Towel.

"Hasilnya memang belum. namun semuanya publik sadar bawah proses harus dijalani," ungkapnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya