Haruna Kecewa Keluarganya Jadi Sasaran Netizen soal Shin Tae-yong

Haruna Soemitro dan Shin Tae-yong
Sumber :
  • PSSI

VIVA – Anggota Exco PSSI, Haruna Soemitro menjadi viral di media sosial dalam beberapa hari belakangan ini. Ha tersebut lantaran pernyataanya terkait pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Pengakuan Erick Thohir dan PSSI soal Kinerja Shin Tae-yong

Haruna menyebut, ia tak peduli dengan proses. Hal itu mengacu ke kegagalan Timnas Indonesia yang lagi-lagi menjadi runner-up Piala AFF 2020.

Pernyataan itu lantas mendapatkan reaksi dari berbagai pihak, terutama pecinta sepakbola nasional. Berbagai kecaman ramai berseliweran di media sosial, hingga JPO. 

Erick Thohir Buka suara soal Dugaan Pemain Naturalisasi Dibayar Bela Timnas Indonesia

Netizen bahkan menggaungkan tagar #Harunaout, sebagai permintaan Haruna untuk mundur dari PSSI. 

Shin Tae-yong (kanan) bersama Ketum dan Exco PSS

Photo :
  • PSSI Pers
Terpopuler: Pengakuan Shin Tae-yong ke Ernando, Kata Pelatih Australia Usai Dihajar Timnas Indonesia

Bagi Haruna, kritik yang datang kepadanya tidak menjadi masalah. Asalkan kritik tersebut tetap di dalam koridor dan sesuai konteksnya.

Namun, mantan Manajer Madura United itu kecewa, lantaran kritik tersebut kini malah semakin brutal, bahkan keluarganya ikut menjadi target dari orang-orang yang meluapkan emosinya

Haruna mengatakan, akun media sosial keluarganya juga diramaikan dengan ujaran-ujaran kebencian.

"Tak masalah, proses diskursus harus dilakukan. Argumen harus dijawab dengan argumen, jangan menyerang pribadi, nanti jatuhnya ghibah, malah saya yang untung karena dosa-dosa saya dikurangi," kata Haruna, saat dihubungi awak media.

“Biarkan saja, saya kan menyampaikan dalam kapasitas saya menjalankan fungsi pengawasan dan kontrol. Yang terjadi malah menyerang pribadi. Silahkan saja yang tidak setuju sampaikan gagasan untuk memperkaya diskursus, bukan menyerang pribadi," ucap dia.

Tetap Mendukung Shin Tae-yong

Lebih lanjut, Haruna menyebut, kritiknya itu bukan bertujuan agar PSSI mengganti posisi Shin Tae-yong. Dia menyatakan, kritiknya agar performa Shin Tae-yong makin ciamik bersama Timnas Indonesia.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong

Photo :
  • pssi.org

Haruna menegaskan, pendapat itu bukan berarti ia tak mendukung Shin Tae-yong. Malahan, dia menyebut kalau bisa pelatih asal Korea Selatan tersebut kontraknya diperpanjang.

"Tidak ada satu pun pernyataan dan kritik yang saya sampaikan dalam rangka melakukan bully terhadap Shin Tae Yong agar Shin Tae Yong diganti. Saya tetap mendukung Shin Tae Yong sesuai kontraknya, kalau perlu diperpanjang," kata Haruna.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya