Sebab Persija Melempem di Era Angelo Alessio

Pelatih Persija, Angelo Alessio
Pelatih Persija, Angelo Alessio
Sumber :
  • Persija

VIVA – Persija Jakarta tampil kurang maksimal di era kepelatihan Angelo Alessio. Akibatnya, juru taktik asal Italia tersebut didepak oleh manajemen dan digantikan oleh Sudirman.

Sudirman sebagai pelatih baru memiliki pengamatan tersendiri melihat Persija melempem. Salah satunya adalah filosofi permainan Angelo yang begitu tinggi.

Hal itu membuat pemain Persija kesulitan untuk menterjemahkan taktik yang diinginkan oleh Angelo untuk diterapkan.

"Taktik yang diberikan Angelo tidak berjalan dengan baik. Saya melihat filosofi sepakbola dia terlalu tinggi bagi pemain, jadi ada banyak pemain belum bisa menterjemahkannya," kata Sudirman, Kamis 20 Januari 2022.

Lalu ada juga perubahan taktik yang dilakukan Angelo terlalu cepat. Apa yang dipaparkan jelang pertandingan, kemudian dilakukan perubahan di atas lapangan.

"Saya amati ada perubahan yang terlalu cepat. Waktu awal dia kasih instruksi yang harus dilakukan pemain, tapi di dalam lapangan nanti ada perubahan dengan cepat," ujar Sudirman.

Para pemain Persija menurut Sudirman belum terbiasa dengan perubahan taktik dengan cepat. Sehingga mereka malah kebingungan sendiri.