Pelatih Bocorkan Sebab Timnas Wanita Indonesia Tercecer di Piala Asia

Pelatih Timnas Wanita Indonesia, Rudy Eka Priyambada
Pelatih Timnas Wanita Indonesia, Rudy Eka Priyambada
Sumber :
  • VIVA/Pratama Yudha

VIVA – Timnas Wanita Indonesia harus mengalami kenyataan pahit setelah menelan dua kekalahan di Piala Asia Wanita 2022. Setelah dikandaskan Australia, kini giliran Thailand yang menghancurkan Garuda Pertiwi.

Dalam duel di D.Y. Patil Stadium, Navi Mumbai, India, Senin 24 Januari 2022, Indonesia hancur lebur digilas Thailand empat gol tanpa balas.

Kanyanat Chetthabutr menciptakan hattrick di laga ini. Sedangkan, satu gol lainnya disumbangkan Irravadee Makris.

Dikatakan pelatih Rudy Eka Priyambada, penyebab kekalahan anak-anak asuhnya di laga ini lantaran persoalan mentalitas. Sebab, ini adalah panggung pertama dan terbesar yang dirasakan oleh Timnas Wanita Indonesia setelah vakum cukup lama.

Tak hanya absen dari turnamen internasional, bahkan di dalam negeri pun, kompetisi Liga 1 putri tak kunjung bergulir setelah absen dua tahun akibat pandemi COVID-19.

"Pertama-tama saya ingin berterima kasih kepada pemain atas kerja keras mereka. Tapi, masalah saat ini adalah mentalitas tim saya, karena mereka sebelumnya tak pernah menghadapi laga internasional dengan level seperti ini," kata Rudy dalam konferensi pers virtual usai pertandingan.

"Saya pikir kami perlu belajar. Setelah kalah besar dari Australia, kami kalah 0-4 melawan Thailand. Kami sulit menguasai bola," jelasnya.