Dilema Persebaya, Penyumbang Pemain Timnas Indonesia Terbanyak

Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso.
Sumber :
  • instagram.com/officialpersebaya

VIVA – Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso harus memutar otak untuk mempersiapkan timnya dalam lanjutan Liga 1 2021-2022.

Pengakuan Erick Thohir dan PSSI soal Kinerja Shin Tae-yong

Sebab, ada lima pemainnya yang dipanggil ke Timnas Indonesia untuk laga uji coba bertajuk FIFA Matchday melawan Timor Leste pada Kamis 27 Januari dan Minggu 30 Januari 2022.

Sedangkan Persebaya bakal menjalani laga pekan ke-21 melawan PSS Sleman pada Sabtu 29 Januari 2022. Kemungkinan besar, Persebaya tidak akan bisa memainkan lima pemain andalannya.

Erick Thohir Buka suara soal Dugaan Pemain Naturalisasi Dibayar Bela Timnas Indonesia

Marselino Ferdinan melepaskan tendangan ke gawang Bali United

Photo :
  • Persebaya

Mereka adalah Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya, Rizky Ridho, Ernando Ari, dan Marselino Ferdinan. Kelima pemain itu akan diikutsertakan pelatih Shin Tae-yong.

Terpopuler: Pengakuan Shin Tae-yong ke Ernando, Kata Pelatih Australia Usai Dihajar Timnas Indonesia

Aji Santoso mengatakan, dengan situasi ini seharusnya operator kompetisi, PT Liga Indonesia Baru merevisi jadwal pertandingan Persebaya.

Tujuannya agar sama-sama menguntungkan, Persebaya dan Timnas Indonesia dapat memaksimalkan lima pemain itu dalam pertandingan.

"Lima pemain kami dipanggil, pasti harus ada reschedule menurut saya. Biar sama-sama fair timnas bisa memakai pemain-pemain kami secara maksimal," kata Aji Santoso.

"Saya sampaikan dari awal kalau ambil sama-sama menguntungkan ya pertandingan Persebaya harus ditunda," ujarnya menambahkan.

Tak Bisa Digeser

Sebelumnya, LIB sudah memastikan akan tetap melaksanakan pekan ke-21 Liga 1 di tengah-tengah uji coba Timnas Indonesia. 

Direktur Operasional PT Liga Indonesia Baru (LIB), Sudjarno mengatakan pihaknya harus berpacu dengan waktu.

Kompetisi tidak mungkin rehat lagi karena wajib tuntas pada akhir Maret 2022. Salah satu alasannya karena April sudah masuk Bulan Ramadhan.

PT LIB sebelumnya sudah sempat meliburkan kompetisi demi mengakomodir pemain dan klub karena Piala AFF 2020.

Marselino Ferdinan melepaskan tendangan yang berbuah gol pertama Persebaya

Photo :
  • Persebaya

"Prinsipnya, PT LIB sangat paham dengan adanya agenda FIFA Matchday sehingga jadwal yang kami susun sudah menyesuaikan dengan agenda Timnas Indonesia. Namun, kompetisi di masa extraordinary ini jadwal sangat fleksibel dan dinamis," kata Sudjarno

"Semua klub berkomitmen bahwa kompetisi harus selesai pada akhir Maret 2022. Sehingga, seluruh jadwal harus kami sesuaikan termasuk juga adanya irisan dengan agenda FIFA Matchday," sambungnya.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya