Shin Tae-yong Kaget dengan Kualitas Timor Leste

Shin Tae-yong dan Pelatih Timor Leste, Fabio Maciel
Sumber :
  • PSSI

VIVA – Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong terkejut dengan kekuatan Timor Leste jelang laga uji coba di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Kamis 27 Januari 2022.

Klasemen Piala Asia U-23 2024 Usai Timnas Indonesia Ditekuk Qatar

Shin Tae-yong menyebut, kekuatan Timor Leste tak seperti yang sebelumnya ia nilai kurang bagus. Setelah mengamati secara mendalam, tim lawan memiliki kekuatan yang berpotensi menghukum Timnas Indonesia.

Sebelumnya, dalam wawancara di youtube PSSI, juru taktik asal Korea Selatan itu menyebut kualitas Timor Leste kurang bagus.

Wasit Musuh Terbesar Timnas Indonesia U-23, Ini 4 Kontroversi Nasrullo Kabirov Semalam

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong

Photo :
  • PSSI

Penilaiannya mengacu pada kiprah Timor Leste sepanjang Piala AFF 2020 silam. Kala itu, Timor Leste tersingkir dini dan jadi juru kunci Grup A.

Orang Terdekat Shin Tae-yong Bongkar Keanehan Sebelum Timnas Indonesia U-23 Dikalahkan Qatar

"Maaf, tapi jujur, Timor Leste tidak terlalu bagus. Saya hanya menonton pertandingan di Piala AFF," kata Shin Tae-yong, beberapa waktu lalu.

Kini, Shin Tae-yong menyadari kualitas Timor Leste. Dalam sesi jumpa pers sebelum laga, Rabu 26 Januari 2022, sang pelatih asal Korea Selatan meminta anak asuhnya untuk tidak lengah. 

"Jujur, saya belum pernah menonton langsung laga Timor Leste. Akan tetapi, saya menyaksikan pertandingan mereka di Piala AFF 2020. Ternyata, mereka lebih baik daripada perkiraan saya," ucap Shin.

Skuad Timnas Indonesia menjalani latihan.

Photo :
  • Instagram/@pssi

"Mereka memiliki kecepatan dan penguasaan bola yang baik. Kami tak akan lengah," tutur Shin yang mewaspadai operan, daya tahan, dan mobilitas Timor Leste.

Persiapan Piala AFF U-23

Uji coba melawan Timor Leste digunakan oleh Timnas Indonesia sebagai ajang persiapan sebelum terjun di Piala AFF U-23 2022.

Shin Tae-yong memanggil 27 pemain ke Timnas Indonesia. Nama-nama pemain U-23 yang menjadi tulang punggung di Piala AFF 2020 seperti Pratama Arhan dan Alfeandra Dewangga, dan Elkan Baggott tetap disertakan. Namun, nama terakhir batal bergabung karena tak mendapatkan izin dari klub.

Selain itu, Shin Tae-yong juga mempromosikan dua pemain timnas U-23. Mereka adalah Marselino Ferdinan dan Ronaldo Kwateh.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya