Demi Piala Dunia, Filipina Wajib Kalahkan Timnas Wanita Indonesia

Timnas Wanita Filipina di Piala Asia
Sumber :
  • twitter.com/afcasiancup

VIVA – Timnas Wanita Indonesia menjalani pertandingan pamungkas Grup B Piala Asia Wanita 2022 menghadapi Filipina. Laga ini akan dilangsungkan di Shree Shiv Chhatrapati Sports Complex, Pune, India pada Kamis malam WIB 27 Januari 2022.

Satoru Mochizuki Ungkap Kriteria untuk Pemain Timnas Indonesia Wanita U-17

Bagi Filipina, kemenangan menjadi penting. Karena mereka mau dapatkan tiga poin untuk memastikan posisi runner up Grup B dan lolos ke babak perempatfinal.

Sedangkan untuk Indonesia, sulit untuk bisa lolos ke babak selanjutnya. Dua kekalahan mereka alami dan gawang skuad asuhan Rudy Eka Priyambada sudah 22 kali kebobolan.

Daftar Pemain yang Ikut Seleksi Tim U-17 Wanita Indonesia

Di atas kertas, kekuatan Filipina juga lebih baik ketimbang Indonesia. Skuad asuhan Alen Stajcic, sebagian besarnya berkarier sepakbola di Amerika Serikat. Sedangkan Indonesia, bahkan kompetisi pun vakum lama.

Perjalanan Filipina sejauh ini adalah kemenangan 1-0 atas Thailand, dan kalah 0-4 dari Australia. Mereka ada di urutan kedua Grup B. Tekad besar ditunjukkan oleh para pemain.

Markas Bali United Jadi Opsi Pemusatan Latihan Tim Wanita Indonesia U-17

Menurut Stajcic, para pemainnya ingin bisa menjadi inspirasi di negara sendiri. Mereka mengincar tiket menuju Piala Dunia Wanita 2023 yang dihelat di Australia.

Timnas Wanita Filipina di Piala Asia

Photo :
  • twitter.com/afcasiancup

Dengan lolos ke semifinal Piala Asia Wanita 2022, tiket tersebut akan mereka raih. Atau nantinya memenangkan babak play-off bagi yang kalah di perempatfinal.

"Para pemain dalam skuad ingin mengubah permainan mereka di negara sendiri. Mereka ingin jadi inspirasi bagi generasi berikutnya dan mereka sering membicarakan itu," kata Stajcic, dikutip dari laman resmi AFC.

"Mereka berada di garis depan sekarang ini dan mereka dapat melakukan itu. Ada banyak kerja keras yang harus dilakukan mulai sekarang dan nanti," imbuhnya.

Stajcic berharap, apa yang diinginkan oleh anak asuhnya bisa tercapai. Juru taktik asal Australia itu amat mendukung motivasi para pemain.

"Semoga kami dapat memberi Filipina dan semua pemain di negara sendiri, baik pria atau wanita, beberapa inspirasi dan harapan bahwa mereka dapat bermain di PIala Dunia masa depan."

Jika posisi runner up Grup B didapatkan oleh Filipina. Lawan yang akan mereka hadapi di babak perempatfinal adalah Taiwan. Mereka adalah runner up Grup A.

Tapi, jika mereka tidak bisa mengalahkan Indonesia, penentuan lolos ke perempatfinal melalui peringkat ketiga terbaik. Lawan yang akan dihadapi adalah juara Grup C antara Jepang atau Korea Selatan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya