Filipina Pesta Setengah Lusin Gol ke Gawang Timnas Putri Indonesia

Pertandingan Piala Asia Wanita 2022 antara Filipina vs Indonesia.
Sumber :
  • Twitter/@afcasiancup

VIVA – Timnas putri Indonesia menghadapi Filipina dalam matchday terakhir Grup B Piala Asia Wanita 2022 di Shree Shiv Chhatrapati Sports Complex, Pune, India, pada Kamis malam WIB, 27 Januari 2022. Di laga tersebut, Filipina pesta setengah lusin gol ke gawang Timnas Wanita Indonesia.

Satoru Mochizuki Ungkap Kriteria untuk Pemain Timnas Indonesia Wanita U-17

Selepas kick off, Filipina langsung bergerak menyerang ke area pertahanan Indonesia. Sementara itu, Indonesia harus bermain defensif untuk meredam setiap serangan Filipina.

Laga baru berjalan empat menit, petaka sudah menimpa Indonesia saat Vivi Oktavia melakukan handball di kotak terlarang. Akibatnya, wasit menghadiahi penalti bagi Filipina.

Daftar Pemain yang Ikut Seleksi Tim U-17 Wanita Indonesia

Beruntung, penalti dari Filipina yang dieksekusi oleh Sarina Bolden membentur tiang gawang Timnas putri Indonesia. Setalah itu, bola muntahannya masih mampu ditangkap oleh kiper Riska Aprilia.

Namun, dua menit berselang, Filipina akhirnya mampu menjebol gawang Indonesia. Adalah Katrina Guillou yang sukses mencatatkan namanya di papan skor dengan sepakan setengah volinya usai menerima umpan Carleigh Frilles.

Markas Bali United Jadi Opsi Pemusatan Latihan Tim Wanita Indonesia U-17

Filipina berhasil menggandakan keunggulan pada menit ke-27 melalui skema sepak pojok. Sundulan Sarina Bolden meluncur mulus ke dalam gawang Timnas putri Indonesia usai memanfaatkan umpan terukur Jessica Miclat.

Dalam waktu yang tersisa di babak pertama, Filipina terus menggempur pertahanan Timnas Wanita Indonesia. Namun, serangan yang dibangun mereka kerap kandas akibat mulai disiplinnya permainan skuad Garuda Pertiwi.

Hingga wasit meniup peluit panjang tanda turun minum, tidak ada lagi yang terjadi. Filipina mampu mengamankan keunggulan 2-0 atas Timnas putri Indonesia.

Babak Kedua

Usai jeda, permainan Timnas Wanita Indonesia masih belum bisa berkembang. Bahkan, Filipina sanggup memperbesar keunggulan menjadi 3-0 lewat Tahnia Annis saat paruh kedua berjalan 10 menit.

Alih-alih mendapatkan gol, Indonesia malah diganjar penalti pada menit ke-73 setelah Baiq Amiatun tertangkap handball. Jassica Miclat maju sebagai eksekutor sukses membawa Filipina unggul 4-0.

Pertandingan sempat terhenti di menit ke-77. Kiper Indonesia, Riska Aprilia, terkapar dan harus mendapatkan perawatan. Setelah mendapatkan bantuan selama satu menit, dia bangkit lagi dan bisa melanjut pertandingan.

Tahnai Annis menambah gol untuk Filipina di menit ke-82 lewat tembakan jarak jauh dan Malea Louise mencetak gol di injury time untuk membuat Filipina menang 6-0.

Indonesia selalu kalah dan tak mencetak gol selama fase grup. Tim besutan Rudy Eka itu kebobolan 28 kali, setelah sebelumnya keok 0-18 dari Australia dan menyerah 0-4 melawan Thailand.

Hasil ini membawa Filipina melaju ke perempatfinal sebagai runner up Grup B dengan perolehan enam poin. Sedangkan, Australia lolos ke fase gugur dengan status juara grup.

Susunan pemain

Filipina: Olivia McDaniel (PG); Katrina Guillou, Ryley Bugay, Dominique Randle, Tahnai Annis, Jessica Miclat, Malea Cesar, Sarina Bolden, Chandler McDaniel, Carleigh Frilles, Eva Madarang.

Indonesia: Riska Aprilia (PG); Vivi Oktavia, Tia Darti Septiawati, Remini Chere, Shalika Aurelia, Maulina Novryliani, Pani Oktavianti, Octavianti Dwi, Zahra Muzdalifah, Baiq Amiatun, Insyafadya Salsabillah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya