Perasaan Ronaldo Usai Jalani Debut dan Pecahkan Rekor di Timnas Senior

Ronaldo Kwateh saat menjalani debut bersama Timnas Indonesia.
Sumber :
  • Instagram/@pssi

VIVA – Ronaldo Kwateh menjadi pemain termuda yang tampil untuk Timnas Indonesia. Striker Madura United itu memecahkan rekor yang sebelumnya dipegang oleh Asnawi Mangkualam.

Terpopuler: Harga Pemain Timnas Indonesia Paling Mahal, Naturalisasi Shin Tae-yong

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memainkan Ronaldo dalam pertandingan uji coba internasional melawan Timor Leste pada Kamis 27 Januari 2022 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali.

Ronaldo menjalani debutnya dalam usia 17 tahun, 3 bulan, dan 8 hari. Dia memecahkan rekor milik Asnawi saat menjalani debutnya bersama Timnas Indonesia di umur 17 tahun, 5 bulan, dan 17 hari, pada laga kontra Myanmar pada 21 Maret 2017.

Menakar Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026, Ada Berapa Tahap Lagi?

Penyerang Timnas Indonesia, Ronaldo Kwateh

Photo :
  • PSSI

Ronaldo bermain di babak kedua pertandingan. Dia menggantikan Ramai Rumakiek dan kehadirannya di lapangan mengubah permainan Timnas Indonesia. 

Alasan Haru Jay Idzes Rela Lepas Kesempatan Bermain dengan Timnas Belanda Demi Garuda

Putra Roberto Kwateh itu turut membantu skuad Garuda menang 4-1, di mana satu di antaranya dengan memberikan assist untuk gol Ricky Kambuaya.

"Puji Tuhan. Yang pertama, saya sangat bersyukur kepada Tuhan. Saya berterima kasih kepada coach Shin Tae-yong yang mempercayai saya bisa bermain di Timnas Indonesia," ujar Ronaldo.

Sedikit Grogi

Ronaldo mengaku, sedikit grogi ketika beraksi dengan Timnas Indonesia untuk pertama kalinya. Namun, pemain berdarah Liberia itu juga merasa nyaman berkat bantuan dari para seniornya.

"Pasti ada rasa nervous sedikit, tapi perlahan gugupnya hilang. Semoga pertandingan selanjutnya tidak gugup lagi," tutur Ronaldo.

"Untuk adaptasi lumayan baik karena para senior saling support. Sering berikan nasihat untuk bisa lebih baik lagi," kata dia.

Timnas Indonesia akan kembali beruji coba dengan Timor Leste pada Minggu 30 Januari 2022 di stadion yang sama.

"Harapan saya di pertandingan itu, tidak boleh meremehkan Timor Leste dan memperbaiki kesalahan sebelumnya. Semoga saya dan Timnas Indonesia bisa lebih baik lagi," jelas dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya