Legenda Timnas Abdul Kadir, Lebih Tajam dari Suarez dan Ibrahimovic

Legenda Timnas Indonesia, Abdul Kadir (kanan)
Sumber :
  • wikipedia

VIVA – Cristiano Ronaldo tercatat sebagai raja gol di level internasional. Pemain Manchester United ini telah mencetak 115 gol dari 184 pertandingan bersama Timnas Portugal.

Kapten Timnas Indonesia U-23 Sambut Baik Kembalinya Nathan Tjoe-A-On

Jumlah tersebut jauh di atas legenda Iran, Ali Daei yang sempat memimpin rekor ini. Daei mencetak 109 gol dari 148 pertandingan bersama Iran.

Tahukah Anda, Timnas Indonesia juga pernah memiliki monster gol di level internasional? Dia adalah Abdul Kadir yang tercatat sebagai pemain Skuad Garuda pada 1967 hingga 1979.

5 Fakta Mengerikan Jelang Duel Korea Selatan vs Timnas Indonesia di Piala Asia U-23

Sebuah fakta baru terungkap pada FIFA Century Club pada 1 Desember 2021. Ternyata, Abdul Kadir merupakan pencetak gol sekaligus pengoleksi caps terbanyak sepanjang sejarah Timnas Indonesia.

Fakta tersebut memupus kekeliruan data yang sempat muncul bertahun-tahun. Sebelumnya, Soetjipto Soentoro disebut sebagai pencetak gol terbanyak Indonesia dengan 57 gol sedangkan Bambang Pamungkas adalah pemilik caps terbanyak dengan 85 penampilan. Belakangan, justru terungkap Soetjipto Soentoro hanya mencetak 35 gol bersama Indonesia.

Ini Pemain Korea Selatan yang Perlu Diwaspadai Timnas Indonesia di Piala Asia U-23

Abdul Kadir sukses mencetak 70 gol dari 111 pertandingan bersama Indonesia. Dari laga tersebut, pemain berjuluk Si Kancil ini membawa Skuad Garuda meraih 57 kemenangan, 14 hasil imbang dan 40 kali kekalahan.

Di Atas Suarez dan Ibrahimovic
Lantas di manakah posisi Abdul Kadir dalam daftar raja gol internasional? Ternyata, mantan pemain Persebaya Surabaya dan PSMS Medan ini berada di posisi ke-19 dunia.

50 gol yang dicetak Abdul Kadir sejajar dengan pemain Timnas Brasil, Neymar. Catatan golnya juga sama dengan Piyapong Pue-on (Thailand) dan Stern John (Trinidad and Tobago).

Hebatnya, Abdul Kadir masih lebih hebat dari sejumlah bintang top dunia. Sebut saja, Romelu Lukaku yang baru mencetak 68 gol bersama Belgia.

Striker veteran Timnas Swedia, Zlatan Ibrahimovic.

Photo :
  • FutballNews

Abdul Kadir juga lebih tajam dari Luis Suarez dan Zlatan Ibrahimovic. Suarez baru mencetak 66 gol bersama Uruguay, sedangkan Ibra menorehkan 62 gol bersam Swedia.

Untuk pemain yang sudah pensiun, Abdul Kadir masih lebih hebat dari Didier Drogba dan Ronaldo. Drogba mencetak 65 gol bersama Pantai Gading sedangkan Ronaldo menyumbangkan 62 gol bersama Brasil.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya