Sandy Walsh Pernah Bawa Belanda Juara Piala Eropa

Pemain KV Mechelen, Sandy Walsh
Sumber :
  • twitter.com/SandyWalsh_

VIVA – Sandy Walsh selangkah lagi bakal menjadi pemain Timnas Indonesia. Proses naturalisasi pemain 26 tahun tersebut sudah mencapai 95 persen dan kemungkinan besar rampung pada April 2022.

Ernando Ari Gagalkan Penalti, Timnas Indonesia U-23 Ungguli Australia di Babak I

Sandy bukanlah pemain kaleng-kaleng. Dia malang melintang di klub Belgia, dari mulai Genk Zulte Waregem dan KV Mechelen.

Musim ini bersama Mechelen, Sandy kerap menjadi pemain inti. Dia sudah mencetak dua gol dari 25 pertandingan di semua kompetisi.

Tak Bisa Main Lawan Australia, Ivar Jenner Ucapkan Sesuatu soal Kartu Merah

Berbicara mengenai pengalaman di level internasional, Walsh sudah membela Timnas Belanda di berbagai level usia. Dari mulai Belanda U-15, U-16, U-17, U-17, U-19 dan U-20.

Namun, karena belum pernah membela Belanda di level senior, Sandy masih bisa membela negara lain. Dia pun memutuskan memperkuat Indonesia.

Justin Hubner Jadi Cadangan, Ini Susunan Pemain Timnas Indonesia U-23 Vs Australia

Juara Piala Eropa
Pencapaian terbaik Walsh di level internasional, saat membela Belanda U-17. Dia sukses membawa Belanda juara Piala Eropa U-17 pada 2012.

Belanda U-17 yang diasuh Albert Stuivenberg mengalahkan Jerman dengan skor 5-4 lewat adu penalti dalam laga final di Stozice Stadium, Slovenia pada 16 Mei 2012. Sebelumnya, kedudukan imbang 1-1 selama 120 menit.

Sandy Walsh

Photo :
  • Sandy Walsh . / instagram

Sementara itu, hasrat Sandy untuk memperkuat Timnas Indonesia sudah ada sejak 5 tahun lalu ketika Skuad Garuda ditangani Luis Milla.

Kini, setelah lima tahun menanti, keinginannya tak berkurang dan ia berharap dapat debut di timnas Indonesia di ajang Kualifikasi Piala Asia 2023 di bulan Juni 2022.

"Saya telah menunggu sangat lama untuk hal ini. Mereka tahu saya sangat termotivasi dan sekarang sudah 90-95 persen (proses naturalisasinya)," ungkap Sandy, dilansir GVA.

"Pada April saya harap sudah bisa resmi, karena saya menunggunya sudah sangat lama. Ada 3 pertandingan untuk menentukan kami ikut Piala Asia 2023 atau tidak. Akan sangat bangga bila saya debut di laga tersebut," tambahnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya