Mulai Pekan 30, Liga 1 2021/22 Gunakan Asisten Wasit Tambahan

Logo Liga 1 2021-2022
Sumber :
  • Instagram/@pt_lib

VIVA – PSSI bersama PT Liga Indonesia Baru (LIB) tengah menggelar penerapan dan pengarahan kepada asisten wasit tambahan jelang bergulirnya seri kelima Liga 1 2021/2022 di Bali. Pengarahan ini berlangsung mulai tanggal 5 hingga 7 Maret 2022.

Resmi, Liga 1 Kembali Bergulir pada 15 April 2024

Pada kesempatan ini, Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi dan Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita akan membuka sekaligus memberikan pengarahan. 

PSSI berharap, acara ini dapat memberikan efek baik kepada wasit-wasit yang akan bertugas di seri terakhir Liga 1 2021/2022.

PSS Sleman Sayangkan Penghentian Liga 1 Secara Mendadak

"Ini bentuk komitmen PSSI untuk meningkatkan dan memperbaiki kinerja wasit. Pada penerapan asisten tambahan wasit ini mereka akan di tes teori dan praktik," kata Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, dalam keterangan resminya, Sabtu 5 Maret 2022.

"Kami akui saat ini lagi disorot dengan banyaknya kejadian kontroversial. Semoga di seri terakhir BRI Liga 1 tidak ada lagi permasalahan dari wasit," sambungnya

PSSI Setuju Amandemen Regulasi Pemain U-23 di Liga 1

Pria yang akrap disapa Iwan Bule tersebut menambahkan, PSSI melihat perlunya ditugaskan asisten wasit tambahan atau additional assistant referee (AAR) sebagai alternatif solusi. Ke depan PSSI juga akan menerapkan video assistant referee (VAR).

"Dalam prosesnya, PSSI telah mengedukasi seluruh wasit yang nantinya akan ditugaskan sebagai AAR pada tanggal 10-14 Februari lalu dengan mendatangkan dua orang instruktur wasit FIFA," jelas Iwan Bule.

Peralatan yang dibutuhkan AAR sudah sampai ke Bali. Rencananya simulasi akan dilaksanakan pada pekan ini sehingga mulai tanggal 9 Maret atau pekan ke-30 Liga 1 2021/22, peralatan dan penerapan sudah bisa dilaksanakan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya