Comeback Gemilang, PSM Makassar Bungkam PSIS Semarang

Pertandingan PSM vs PSIS.
Sumber :
  • Instagram/@psm_makassar

VIVA – PSM Makassar menjamu PSIS Semarang dalam pertandingan pekan ke-29 Liga 1 2021/22 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, pada Minggu 6 Maret 2022. Di laga tersebut, PSM Makassar berhasil mengalahkan PSIS.

Hasil Liga 1: Tampil Ngotot dari Awal, PSIS Semarang Gilas Persikabo 1973

Selepas kick off, PSIS langsung tampil menekan melalui skema umpan-umpan panjang. Sementara itu, PSM coba bermain taktis dengan mengandalkan kelebihan individu para pemainnya.

Pertandingan memasuki menit ke-19, PSIS berhasil membuka skor. Eksekusi tendangan bebas Jonathan Cantillana dari sisi kiri PSM sukses melesat masuk mulus ke dalam gawang yang tak mampu diantisipasi oleh Hilman Syah.

Polemik Masa Lalu, Kiper Timnas Indonesia Minta Maaf ke Shin Tae-yong

Namun, keunggulan PSIS tak bertahan lama. Pada menit 29, PSM berhasil menyamakan skor melalui aksi Wiljan Pluim usai memanfaatkan umpan terukur dari Prince Patrick Kallon.

Menit 43, PSM nyaris saja berbalik unggul. Akan tetapi, penyelesaian akhir yang dilakukan Golgol Mebrahatu masih melambung di atas mistar gawang PSIS usai memaksimalkan kemelut di dalam kotak penalti.

Malut United Promosi ke Liga 1, Tuah Rifal Lastori Berlanjut

Di masa injury time babak pertama, giliran PSIS yang hampir saja mencetak gol lagi. Namun, sepakan bola mati yang diambil oleh Septian David Maulana masih membentur mistar gawang PSM.

Hingga babak pertama berakhir, tidak ada lagi gol yang tercipta. Skor 1-1 masih menghiasi duel antara PSM melawan PSIS.

Usai jeda, PSM tetap bermain taktis seperti di paruh pertama. Sementara itu, PSIS coba melakukan perubahan strategi dengan memasukkan beberapa pemain baru.

Permainan taktis yang konsisten diterapkan PSM akhirnya membuahkan hasil juga pada menit 59. Wiljan Pluim berhasil mencetak gol keduanya dengan sepakan terukurnya usai menerima umpan dari Yance Sayuri.

Tertinggal satu gol membuat PSIS terus melancarkan serangan sporadis demi mencari gol penyeimbang. Namun, sejumlah peluang yang mereka dapatkan belum bisa menembus rapatnya pertahanan PSM.

Menit 87, Jonathan Cantillana nyaris mencetak gol lagi melalui tendangan bebas. Sayangnya, sepakan keras dari Cantillana masih bisa diamankan dengan cekatan oleh Hilman Syah.

Dalam waktu yang tersisa, kedua tim saling berbalas serangan. Akan tetapi, hingga laga berakhir, PSM berhasil mengunci kemenangan 2-1 atas PSIS.

Hasil ini membawa PSM duduk di peringkat 11 klasemen sementara Liga 1 2021/22 dengan 33 poin. Sedangkan, PSIS bertengger di urutan 8 dengan koleksi 38 poin.

Susunan pemain

PSM Makassar: Hilman Syah (PG); Ganjar Mukti (Abdul Rahman 86'), Dallen Doke, Erwin Gutawa (Hasyim Kipuw 46'), Wiljan Pluim, Rasyid Bakri, Manda Cingi (Sutanto Tan 63'), Muhammad Arfan, Golgol Mebrahatu (Frisca Womsiwor 78'), Yance Sayuri, Prince Patrick Kallon (Ilham Udin Armaiyn 62').

PSIS Semarang: Joko Ribowo (PG); Wallace Costa, Resky Fandi Witriawan (Flavio Beck 68'), Frendi Saputra, Fredyan Wahyu (Wahyu Prasetyo 46'), Alfeandra Dewangga, Fandi Eko Utomo (Eka Febri Yogi Setiawan 54'), Jonathan Cantillana, Septian David Maulana (Riyan Ardiansyah 64'), Chevaughn Walsh (Damas Damar Jati 46').

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya