Cuma Cetak Satu Gol, Timnas Indonesia U-19 Dibantai Korea Selatan

Pertandingan Timnas Indonesia U-19 vs Korea Selatan.
Sumber :
  • Instagram/@pssi

VIVA – Timnas Indonesia U-19 menghadapi Korea Selatan U-19 dalam laga uji coba internasional di DGB Daego Bank Park, Daegu, Korea Selatan, pada Selasa sore WIB, 29 Maret 2022. Di laga tersebut, Timnas Indonesia U-19 bisa mencetak satu gol, tapi tetap keok dengan skor telak.

Media Korea Selatan Soroti Sepak Terjang Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-23

Korea Selatan langsung tampil dengan tempo cepat. Pada menit ke-10, mereka berhasil membobol gawang Timnas Indonesia U-19 melalui aksi Jung Jong-hun usai bekerja sama apik dengan rekannya.

Empat menit kemudian, Timnas Indonesia kembali kebobolan. Gol kedua Korea Selatan U-19 lahir lewat kaki Kang Sung-jin yang mampu memanfaatkan sapuan lemah bek Timnas Indonesia U-19.

Korea Selatan Dapat Kabar Buruk Jelang Lawan Timnas Indonesia U-23

Timnas Indonesia U-19 mendapat peluang bagus pada menit ke-16. Ronaldo Kwateh selaku ujung tombak mendapat umpan ke dalam kotak penalti. Namun tembakannya masih lemah dan bisa ditahan kiper lawan.

Selepas peluang tersebut, Korea Selatan U-19 kembali mengejutkan Indonesia. Lewat serangan dari sisi kiri, Jung Jong-hun melakukan cut-back untuk melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti yang tak mampu dihalau kiper Indonesia.

Timnas Indonesia U-23 Tantang Jepang atau Korsel di Perempat Final? Bakal Terjawab Malam Ini

Korea Selatan U-19 punya kesempatan untuk unggul 4-0 pada menit ke-19. Akan tetapi, gol tersebut dianulir wasit lantaran pemain Negeri Ginseng sudah dianggap offisde.

Buruknya pertahanan timnas Indonesia memaksa Shin Tae-yong melakukan pergantian dini. Pada menit ke-19, kiper Erlangga Setyo digantikan Cahya Supriadi.

Hingga 20 menit laga berjalan, Timnas Indonesia U-19 benar-benar dikurung oleh Korea Selatan U-19. Pressing tinggi membuat tim asuhan Shin Tae-yong itu tidak berkutik dan bahkan kesulitan untuk melewati setengah lapangan sendiri.

Pada menit ke-23, Timnas Indonesia U-19 mendapat peluang emas. Umpan Alex Kamuru berhasil ditahan Arsa Ahmad. Dia melepaskan tembakan dari dalam kotak penalti tetapi masih belum menemui sasaran.

Shin Tae-yong kemudian memainkan Marselino Ferdinan pada menit ke-25. Dia tampil menggantikan Frezy Al Hudaifi. Sementara dua pemain lain yakni Mikhael Tata dan Ferdiansyah juga masuk untuk menggantikan Alex Kamuru dan Arsa Ahmad.

Masuknya Marselino langsung mengubah tempo permainan. Timnas Indonesia U-19 sedikit lebih baik dalam menguasai bola dan bahkan menciptakan beberapa peluang yang sayangnya belum bisa dikonversi Ronaldo Kwateh dan kawan-kawan menjadi gol.

Pada menit ke-41, Korea Selatan U-19 hampir saja unggul empat gol. Namun, penyelamatan kiper Cahya Supriadi sukses menggagalkan upaya pemain Negeri Ginseng.

Usai menggagalkan serangan Korea Selatan U-19, Timnas Indonesia U-19 secara luar biasa berhasil memperkecil ketertinggalan pada menit ke-43 lewat sundulan Marselino Ferdinan setelah memanfaatkan umpan silang Subhan Fajri.

Hingga babak pertama berakhir, tidak ada lagi gol yang terjadi. Timnas Indonesia U-19 untuk sementara tertinggal 1-3 dari Korea Selatan U-19.

Pada babak kedua, Timnas Indonesia tampil lebih berani. Para pemain tampak lebih nyaman saat menguasai bola maupun ketika melakukan pressing terhadap lawan.

Timnas Indonesia U-19 beberapa kali melancarkan serangan, tetapi kesulitan untuk menembus pertahanan Korea Selatan U-19 yang terorganisir dengan sangat baik.

Pada menit ke-52, Timnas Korea Selatan U-19 mendapat hadiah tendangan bebas di depan kotak penalti. Tembakan pemain Korea Selatan cukup baik tetapi masih melambung tipis di atas mistar gawang.

Lima menit kemudian Korea Selatan U-19 kembali menebar ancaman. Jung Jong-hun menyambut umpan lewat sundulan yang masih melebar ke sisi kiri gawang timnas Indonesia.

Perbaikan performa Timnas Indonesia di babak kedua membuat jalannya laga berlangsung cukup seimbang. Mereka tercatat mampu mengimbangi tekanan tinggi Timnas Korea Selatan U-19.

Menit ke-80, petaka menimpa Timnas Indonesia U-19. Pelanggaran terjadi di kotak terlarang hingga Korea Selatan U-19 mendapat hadiah penalti dan Choi Seong-min selaku eksekutor berhasil melaksanakan tugasnya dengan baik untuk membawa tim asuhan Kim Eun-jung unggul 4-1.

Timnas Indonesia U-19 coba merespons dengan memberikan tekanan terhadap Korea Selatan bahkan ketika lawan masih menguasai bola di pertahanannya sendiri.

Menit ke-84, timnas Indonesia mendapat peluang emas lewat skema serangan balik. Ferdiansyah menyisir bola dari sisi kiri untuk kemudian memberi umpan ciamik kepada Marselino Ferdinan.

Namun, sepakan keras gelandang Persebaya Surabaya ini masih bisa ditepis oleh kiper Korea Selatan U-19 dan hanya berbuah sepak pojok.

Korea Selatan U-19 kembali mendapat hadiah penalti pada menit ke-87. Marcel Januar melanggar kapten Korea Selatan, Lee Seung-Won.

Seung-won selaku eksekutor tak menyia-nyiakan kesempatan. Dia melepaskan tembakan keras ke arah kanan gawang Indonesia yang mengecoh kiper Cahya Supriadi. Skor berubah 5-1 untuk keunggulan Korea Selatan U-19.

Timnas Indonesia U-19 coba menyerang di sisa waktu yang ada. Namun, pertahanan Korea Selatan U-19 begitu solid. Skor 5-1 untuk kemenangan tuan rumah pun bertahan hingga wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya laga.

Susunan pemain 

Timnas Korea Selatan U-19: Lee Seung-hwan (PG); Ahn Jae-min, Hong Wook-hyun, Shin Kyu-won, Lee Seung-won, Hwang Do-yun, Park Hyun-bin, Yu Seong-hyeon, Kang Min-jae, Jung Jong-hun, Kang Seong-jin.

Timnas Indonesia U-19: Erlangga Setyo (PG); Kakang Rudianto, Muhammad Ferrari, Kadek Arel, Marcel Januar, Alex Kamuru, Frezy Al Hudafi, Subhan Fajri, Raka Cahyana, Arsa Ahmad, Ronaldo Kwateh.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya