Karo United Juara Liga 3, Gubernur Edy Bangun Stadion Bola di Karo

 Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi
Sumber :
  • VIVA / B.S. Putra (Medan)

VIVA – Guna meningkatkan fasilitas olahraga di Sumatera Utara, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara dalam waktu dekat akan membangun dua stadion bola memilik standarisasi internasional dan Liga 1 Nasional. 

Sinyal PKS Kembali Dukung Edy Rahmayadi di Pilkada Sumatera Utara?

Hal itu, diungkapkan oleh Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi saat makan siang bersama dengan Karo United di rumah dinas Gubernur di Jalan Sudirman, Kota Medan, Kamis siang, 30 Maret 2022. Saat ini, baru dinilai layak menggelar pertandingan sepakbola adalah Stadion Teladan.

"Sumatera utara sedang membangun stadion. Stadion kita saat ini (dinilai layak), dibangun oleh pendulu-dulu kita pada tahun 1950 an, stadion Teladan," kata Gubernur Edy.

Usai PDIP, Giliran Edy Rahmayadi Daftar Bakal Cagub Sumut 2024 dari PKS

Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi berfoto bersama dengan tim skuad Karo United

Photo :
  • B.S.Putra

Mantan Ketua Umum PSSI itu, mengatakan akan dibangun Stadion Berstandarisasi internasional di areal Sport Center di Kecamatan Batang Kuis di Deli Serdang, Sumatera Utara dengan kapasitas penonton 75 ribu orang. Stadion ini, juga bakalan digunakan untuk PON Sumut-Aceh tahun 2024.

Ini Alasan Edy Rahmayadi Ingin Maju di Pilgub Sumut 2024 Lewat PDIP

"Orang lain sudah buat (seperti) Jakarta, Kita baru mulai. Tapi, tidak apa-apa, ini jadi seperti stadion di Korea Selatan," ucap Gubernur Edy.

Selain itu, Gubernur Edy mengatakan pihaknya bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karo juga akan membangun Stadion di Siosar Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Stadion ini, akan menjadi home base bagi Karo United.

"Kabupaten Karo sedang dibangun lapangan bola (stadion) yang berstandar Liga 1 di Siosar," kata mantan Pangkostrad itu.

Gubernur Edy sudah menginstruksikan Bupati Corry Sebayang untuk segara membangun stadion tersebut, sejak Januari 2022, lalu. Namun, belum juga dikerjakan hingga saat ini.

"Saya mau dikerjakan Januari kemarin, saya bilang sama Bupati kalian. Sudah dikasih duit saja lambat. Apa lagi, tidak dikasih duit, tak jadi-jadi lah nanti," ucap Gubernur Edy.

Mantan Pangdam I Bukit Barisan itu, mengungkapkan hanya Karo United belum memilik home base. PSMS Medan di Stadion Teladan, Kota Medan dan PSDS Deli Serdang di Stadion Baharuddin Siregar di Kabupaten Deli Serdang.

"Kalau Deli Serdang sudah punya dia. Tinggal perlu rehab-rehab setingkat digital nanti kita komunikasi dengan Bupati Deli Serdang," kata Gubernur Edy.

Gubernur Edy mengaku merasa bangga tiga klub bola asal Sumatera Utara bertarung di Liga 2 Nasional, yakni PSMS Medan, Karo United dan PSDS Deli Serdang.

"Bergeliat menjamur pemain-pemain muda kita dan pada akhirnya, yang belum terwujud. di Sumatera Utara di liga 2, sampai tiga club. Kalau di Jawa sudah biasa. di Sumatera Utara baru sekarang," sebut Gubernur Edy.

Diberitakan sebelumnya, Karo United sebagai juara 1 Liga 3 Nasional, setelah berhasil menangluk Putra Delta Sidoarjo FC pada laga final berakhir dengan adu finalti dengan skor 4-2 di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Jawa Timur, Rabu kemarin, 30 Maret 2022.  

Sedangkan, PSDS lolos ke semi final dan berhasil merebut satu tiket ke Liga 2 Nasional. Namun, di laga semi final harus melakoni laga derbi Sumatera Utara dan kandas ditekuk Karo United 0-2.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya