Apresiasi Menpora Atas Kesuksesan Liga 1 di Tengah Pandemi

Pemain Bali United rayakan gelar juara Liga 1 2021/22
Sumber :
  • instagram.com/baliunitedfc/

VIVA – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Indonesia, Zainudin Amali, mengapresiasi setinggi-tingginya kesuksesan bergulirnya Liga 1 2021/22 yang berjalan di tengah pandemi COVID-19. Dia puas melihat kompetisi bisa berjalan hingga tuntas.

Timnas Indonesia U-23 Pasti Raih Hasil Bagus, Main 9 Orang Saja Bisa Repotkan Qatar

Keberlangsungan Liga 1 sempat maju mundur akibat berbagai aturan dan protokol kesehatan yang harus dipenuhi. Belum lagi, peningkatan jumlah kasus positif yang menjadi pertimbangan untuk kompetisi ini digelar semusim penuh.

Beruntung, Liga 1 musim lalu bisa berjalan dengan lancar walaupun dengan berbagai penyesuaian dan aturan tambahan di dalamnya.

Persija Kurang Maksimal saat Kalahkan Persis, Ini Alasannya

Salah satunya dengan digelar terpusat, tanpa penonton, dan juga prokes yang sangat ketat sehingga menghilangkan format kandang tandang. Bahkan, beberapa pertandingan sempat ditunda penyelenggaraannya ketika ada tim yang kekurangan pemain akibat terpapar COVID-19.

Menpora Zainudin Amali

Photo :
  • Humas Kemenpora
Dibantu Persija Jakarta, Persib Bandung Pastikan Tiket ke Championship Series

Melihat berbagai perjuangan tersebut, Menpora Amali pun mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat, mulai dari PSSI, PT Liga Indonesia Baru (LIB), dan seluruh tim peserta Liga 1 2021/22 yang sudah mengarungi kompetisi dengan sukses.

"Kita tahu awal akan bergulirnya kompetisi sepakbola di Indonesia tahun 2021/22 ini sangat berat, apalagi ditengah pandemi COVID-19. Tapi berkat komitmen dan kerja keras semua pihak, Alhamdulilah berjalan dengan baik dan lancar," kata Amali dikutip situs resmi PSSI.

Amali juga menilai jalanya kompetisi semua berjalan dengan baik. Pertandingan yang digelar tanpa penonton juga bisa dipatuhi oleh para suporter.

"Protokol kesehatan dalam setiap pertandingan yang dilaksanakan di awal kompetisi hingga akhir berhasil dilaksanakan dengan baik. Ini salah satu bentuk kemajuan dari penyelenggaraan Liga 1 di tengah pandemi," tutur pria asal Gorontalo.

Skuad Persipura Jayapura di Liga 1

Photo :
  • ligaindonesiabaru.com

Kompetisi musim ini ditutup dengan Bali United keluar sebagai juara. Mereka mempertahankan status juara bertahan setelah jadi yang terbaik selama dua musim beruntun.

Sebelumnya, Serdadu Tridatu juga menjadi kampiun Liga 1 2019. Sedangkan, Liga 1 2020 ditiadakan.

Selain itu, tiga tim terpaksa turun kasta, yakni Persipura Jayapura, Persela Lamongan, dan Persiraja Banda Aceh.

Mereka akan digantikan oleh Persis Solo, Rans Cilegon FC, dan Dewa United.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya