Thomas Doll akan Bantu Persija Dalam Pengembangan Kualitas Akademi

Presiden Persija Mohamad Prapanca dan Wakil Presiden Ganesha Putra
Sumber :
  • Media Persija

VIVA – Persija Jakarta tampak sangat serius dalam membangun kekuatan mulai Liga 1 musim depan. Bersama dengan pelatih anyar Thomas Doll, Macan Kemayoran tak hanya berupaya mengangkat kualitas tim senior tapi juga dari level akademi.

Hasil Pertandingan Persik Kediri Vs PSS Sleman, 8 Gol dan 1 Kartu Merah

Kedatangan Doll ke Persija pada awal musim ini diharapkan tak hanya memberi prestasi bagi tim senior Persija. Dia juga akan membantu manajemen dalam pengembangan akademi Macan Kemayoran.

Hal itu dimulai manajemen dengan mengembalikan fokus untuk membangun training center berkualitas internasional yang sempat tertunda akibat pandemi COVID-19. Lokasi TC rencananya berada di wilayah Sawangan, Depok.

Lawan PSM Makassar Jadi Laga Hidup Mati Bagi Arema FC

Fasilitasnya pun terbilang lengkap. Akan ada lapangan indoor, gym, dan kolam renang untuk membangun fisik dan taktik pemain sedari dini.

Pelatih anyar Persija Jakarta, Thomas Doll

Photo :
  • Media Persija
Hasil Liga 1: Bali United Lolos ke Championship Series Usai Tekuk Persebaya Surabaya

"Jadi program yang tertunda di 2020-2021 akan kita jalankan di tahun ini, terkait pengembangan program akademi kita, yaitu pembangunan training center di Sawangan," kata Presiden Persija, Mohamad Prapanca, ketika ditemui di Jakarta, Jumat 29 April 2022.

"Nanti akan ada lapangan indoor, terus nanti ada gym, kolam renang. Saya juga minta manajemen, pak Ganesha (Putra) bantu saya musim ini sebagai wakil saya karena beliau kuat di akademi, dan juga soal teknis-teknis sepak bola dan pengembangannya, terus penyempuranaan manajemen klub," tambah dia.

Selain membangun fasilitas TC kelas dunia, manajemen Persija juga akan bekerja sama dengan Thomas Doll dalam hal memelihara kualitas nutrisi pemain. Nantinya, akan ada tim khusus untuk menangani hal tersebut.

"Ada beberapa hal yang sebelumnya tak kita jalankan dan sekarang kita jalankan, salah satunya menjaga nutrisi pemain," ujar Prapanca.

"Ke depan, kami akan bentuk ahli nutrisi, itu diminta pelatih yang masuk ke programnya tiga tahun ke depan," jelasnya.

Dan untuk membantunya agar bisa bekerja maksimal, juru taktik asal Jerman itu juga akan membawa empat asisten pelatih. Mereka mencakup asisten pelatih teknik, pelatih fisik, pelatih kiper, dan movement specialist (pergerakan pemain).

Nantinya, Doll juga akan didampingi penerjemah. Langkah tersebut untuk memudahkan komunikasi pria asal Jerman itu saat memberikan arahan pada Makan Konate cs.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya