Brace Witan Sulaeman Bawa Timnas Indonesia U-23 Hajar Timor Leste

Pemain Timnas Indonesia, Witan Sulaeman dan Fachrudin Wahyu Aryanto.
Sumber :
  • Instagram/@pssi

VIVA – Timnas Indonesia U-23 menghadapi Timor Leste dalam pertandingan lanjutan Grup A cabang olahraga sepakbola putra SEA Games 2021 di Viet Tri Stadium, Phu Tao, pada Selasa 10 Mei 2022. Di laga tersebut, Timnas Indonesia U-23 berhasil meraih kemenangan.

Timnas Indonesia Moncer! Bung Towel Tetap Kasih Nilai Jeblok ke STY: 6,5 dari 10

Selepas kick off, kedua tim tampil dengan tempo yang tidak begitu cepat. Namun, Timnas Indonesia U-23 membuat kesalahan fatal saat Marc Klok menjegal pemain Timor Leste pada menit kedua di kotak terlarang yang berbuah hukuman penalti.

Beruntung, Timnas Indonesia U-23 tidak kebobolan dari penalti tersebut. Sepakan 12 pas untuk Timor Leste yang dieksekusi Mouzinho De Lima mampu ditepis keluar lapangan oleh Ernando Ari.

Mengganas di Piala Asia, Timnas Indonesia U-23 Jadi Perbincangan di Qatar

Timnas Indonesia U-23 berusaha keluar dari tekanan Timor Leste. Pada menit 11, Irfan Jauhari coba lepaskan tembakan jarak jauh dari luar kotak penalti Timor Leste, tapi arahnya masih melayang di atas mistar gawang.

Menit 16, Timnas Indonesia U-23 akhirnya berhasil membobol gawang Timor Leste. Adalah Egy Maulana Vikri yang sukses mencatatkan namanya di papan skor dengan tendangannya usai menerima umpan sundulan Rizky Ridho.

Pemain Korea Selatan Puji Timnas Indonesia U-23

Egy nyaris mencetak brace pada menit 22, tapi tembakannya dari dalam kotak penalti masih bisa ditepis oleh Junildo Pereira. Kemudian, bola muntah hasil sepakan Egy yang mengarah ke Irfan Jauhari juga bisa ditepis Junildo Pereira.

Menit 25, giliran Ricky Kambuaya yang memperoleh peluang. Namun lagi-lagi, Junildo berhasil mementahkan tembakan keras yang dilepaskan Kambuaya.

Empat menit berselang, Egy kembali mendapatkan kesempatan untuk mencetak gol. Akan tetapi, sontekannya masih melenceng usai menerima umpan silang dari Rio Fahmi.

Menit 38, Egy kembali membuang peluang yang didapatkannya. Menerima umpan dari rekannya, Egy yang memiliki ruang tembak gagal mengarahkan bola ke gawang Timor Leste karena menyamping ke sisi kiri.

Dalam waktu yang tersisa di babak pertama, Timnas Indonesia U-23 masih berusaha mencari gol tambahan, sedangkan Timor Leste sesekali coba mengancam. Namun, hingga peluit panjang tanda turun minum dibunyikan, Timnas Indonesia U-23 mampu mengamankan keunggulan 1-0 atas Timor Leste.

Usai jeda, Timnas Indonesia U-23 lebih agresif dalam melancarkan serangan. Sementara itu, Timor Leste tetap tampil defensif sambil sesekali melakukan serangan balik.

Pada menit 51, Timnas Indonesia U-23 sukses menggandakan keunggulan. Menerima umpan lemparan ke dalam dari Alfeandra Dewangga, sundulan Witan Sulaeman berhasil meluncur mulus masuk ke gawang Timor Leste.

Delapan menit kemudian, Timnas Indonesia U-23 berhasil memperbesar keunggulan mereka. Tandukan Fachrudin Wahyu Aryanto sukses masuk ke dalam gawang Timor Leste usai memaksimalkan bola liar yang terjadi selepas tendangan pojok.

Keunggulan tiga gol ternyata membuat lengah pertahanan Timnas Indonesia U-23. Menit 69, Mouzinho berhasil membobol gawang Timnas Indonesia U-23 usai mampu mengelabui Ernando Ari.

Timnas Indonesia U-23 akhirnya sanggup mencetak gol keempat pada laga ini di menit 77. Witan Sulaeman sukses menciptakan brace dengan kaki kirinya usai memaksimalkan umpan silang yang dikirimkan Saddil Ramdani.

Di sisa waktu yang ada, kedua tim tetap saling berbalas serangan. Namun, hingga wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan, skor 4-1 untuk kemenangan Timnas Indonesia U-23 tak berubah.

Atas hasil ini, Timnas Indonesia U-23 tetap berada di urutan keempat klasemen sementara Grup A SEA Games 2021 dengan perolehan 3 poin. Sedangkan, Timor Leste bercokol di juru kunci alias peringkat kelima dengan raihan tanpa poin.

Susunan pemain

Indonesia: Ernando Ari (PG); Fachrudin Wahyu Aryanto, Rizky Ridho, Rio Fahmi, Alfeandra Dewangga; Syahrian Abimanyu, Marc Klok, Ricky Kambuaya; Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman, Irfan Jauhari.

Timor Leste: Junildo Pereira (PG); Nelson Viegas, Orcelio Guterres, Jhon De Oliveira, Elias Mesquita, Mouzinho De Lima, Gumario Da Silva, Cristevao Fernandes, Armindo De Almeida, Joao Halle, Filomeno Costa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya